07:00 . Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab Sperma Encer dan Solusinya   |   17:00 . Operasi Yustisi 33 di Grabagan, Pelanggar Prokes Disidang   |   15:00 . Bawaslu Beber Potensi Kerawanan Pilkada 2020   |   14:00 . Kesetrum Jebakan Tikus, Warga Sembungrejo Ditemukan Meninggal Dunia   |   13:00 . Sempat Kejar-kejaran, Selep Padi Keliling Disita Satpol PP   |   12:00 . Biaya Mengobati Covid-19 Mahal, Mencegah Jauh Lebih Murah   |   11:00 . Kultur Anti Suap di SKK Migas Melalui SMAP   |   07:00 . Tubuh Semakin Lelah Setelah Tidur Siang, Apa Penyebabnya?   |   18:00 . Vaksinolog: Selain Vaksin, Disiplin 3M Efektif Cegah Penularan Covid-19   |   17:00 . CSR Kilang Tuban Cakup Penghijauan, Asuransi Nelayan dan Fasilitas Ibadah   |   16:00 . Wagub Jatim Apresiasi Dukungan DPD RI atas Pola Pembiayaan Investasi Skema KPBU   |   15:00 . Ketua DPD Tekankan Pentingnya SDM Unggul Saat Buka Uji Kompetensi Dosen   |   14:00 . Operasi Prokes di Tuban, 44 Pelanggar Disanksi   |   13:00 . TPPI Berikan Santunan Pendidikan dan Paket Sembako   |   12:00 . MUI Sesalkan Terjadinya Kerumunan, Setelah Semua Pihak Kerja Keras 10 Bulan   |  
Wed, 25 November 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 19 August 2020 12:00

Setiajit Bantu Obat Pengendali Wereng di Plumpang

Setiajit Bantu Obat Pengendali Wereng di Plumpang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setiajit kembali menjawab keluhan petani. Di Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang para petani berkumpul di sawah untuk melakukan pengendalian hama wereng bersama-sama. Setiajit datang dengan membawa obat pembasmi hama untuk diberikan pada petani.

Selain sekitar 100 an petani yang akan melakukan gerakan pengendalian hama bersama-sama, juga hadir Kepala Desa dan perangkat desa setempat. Setiajit menyerahkan bantyan secara simbolis pada ketua kelompok tani.

Kastari salah satu petani pemilik di Kedungsoko mengatakan, hama werwng mulai menyeeangvswjak musim tanam Juni lalu. Hama tersebut menyerang batang padi hingga kering.

Akibatnya, padi tidak bisa tumbuh normal, sehingga petani terancam gagal panen. Untuk menangkal serangam hama, petani menggunakan pestisida khusus. Harganya jugal agakal mahal. Satu botol seharga sekitar Rpb158 ribu.

Satu botol obat banya bisa digunakan untuk tujih tangki semprot. Agar padi bisa tumbuh baik, minimal seminggu sekali harus disemprot.

"Saya punya tiga petak lahan setiap semprot butuh dua tangki. Jadi cukup mahal untuk perawatannya," kata dia.

Sementara Parman Petugas Hama Penyakit (PHP) tanaman wilayah Kecamaran Plumpang dan Widang membenarkan sawah petani diserang wereng. Menurut dia, wereng tersebut pindahan dari Bojonegoro.

"Memang harus segera dikendalikan agar tak merusak lebih luas. Kebetulan hari ini petani dapat bantuan obat dari Pak Setiajit," terangnya.

Sedangkan Setiajit yang Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur mengaku prihatin dan kasihan para perani. Karena itu dia mengupayakan bantuan.

"Alhamdulillah saya bisa membantu obat. Mudah-mudahan bermanfaat dan para petani bisa panen, " harapnya.[hud/ono]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : petani, setiajit, petani tuban, tani, obat untuk petani



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more