07:00 . Penyebab dan Cara Mencegah Bau Badan, Biar Nggak Minder Saat Bergaul!   |   18:00 . Harry Susanto Jadi Ketua DPC Gerindra Tuban Gantikan Tri Astuti   |   17:00 . Pohon Tumbang Akibat Hujan Disertai Angin Tutupi Akses Jalan Jatirogo-Bulu   |   16:00 . Pemkab Tuban Belum Miliki Data Kemitraan UMKM dan Perusahaan   |   15:00 . Teror Anjing Liar di Tambakboyo, 13 Ekor Kambing Mati Diterkam   |   14:00 . Kartar Tunas Muda Kedungsoko Tetap Berkarya di Tengah Pandemi   |   13:00 . Keluarga Sepakat Jenazah Dimakamkan Protokol Covid-19   |   12:00 . Polisi Tetapkan 3 Tersangka Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19   |   08:00 . 7 Rumah Sakit Ajukan Plasma Konvalesen di PMI Tuban   |   07:00 . Penting, Pemberian ASI Sejak Awal Kelahiran Tingkatkan Kekebalan Anak   |   12:00 . Kecelakaan di Pakah-Soko, Pemotor Meninggal, Mobil Pengisi ATM Terbalik   |   11:00 . Jalan Pantura Ditanami Pisang   |   08:00 . Pekerja Industri Mulai Donorkan Plasma Konvalesen di PMI   |   07:00 . Usai Divaksin, Bisakah Penerima Tularkan Covid-19??   |   17:00 . 6 Jenis Pohon Ini Ditanam di Pantai Semilir   |  
Tue, 19 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sembahyang di Luar Altar, Umat Tri Dharma Ingin Rukun dan Damai

bloktuban.com | Thursday, 13 August 2020 15:00

Sembahyang di Luar Altar, Umat Tri Dharma Ingin Rukun dan Damai

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Ritual sembahyang Umat Tri Dharma Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban berbeda dari biasanya. Tahun 2020 ini pintu altar tertutup rapat, dan para umat sembahyang di luar pagar.

Ibadah di luar altar tersebut, karena pintu masuk klenteng terbesar di Asia Tenggara masih digembok sejak tanggal 28 Juli 2020. Penutupan ini rentetan konflik pengurus yang berkepanjangan.

Terlepas dari pengurus yang berseteru, ada kekecewaan umat yang datang jauh-jauh dari Probolinggo. Ahing namanya. Dia datang rombongan bersama tujuh orang lainnya.

"Setiap tahun selalu datang ke Tuban. Untuk berdoa kepada Kongco Kwan Sing Tee Koen. Tidak tahu kalau kita tidak bisa masuk. Hanya dengar isu tapi tidak mengira akan seperti ini," terangnya kepada blokTuban.com.

Dia berharap, di Hari Ulang Tahun (HUT) Kongco semua umat bisa rukun dan damai. Semua persoalan semoga diberi jalan keluar, supaya ibadah di klenteng yang menghadap ke utara normal lagi.

Sementara itu, pimpinan tim pelaksana rencana ritual HUT Kongco Kwan Sing Tee Koen TITD KSB, Handjono Tanzah telah meniadakan ritual sembahyang hari ini pukul 11.00 WIB dengan pertimbangan digembok dan adanya Covid-19.

"Pemberitahuan telah dikirimkan langsung kepada Kapolres Tuban," sambungnya.

Sementara, Tio Eng Bo menjelaskan penutupan pintu masuk klenteng karena kondisi mendesak. Dia berharap semua konflik bisa segera selesai.

"Kami juga ingin damai dan rukun," tegasnya.

Pantauan di lokasi, sejak pukul 08.00 WIB Umat Tri Dharma mulai melakukan sembahyang sendiri-sendiri. Baru sekitar pukul 10.30 WIB Umat kelompok Tio Eng Bo tiba di lokasi untuk menggelar ritual sembahyang.

Sempat cek cok adu mulut kedua kelompok yang berseteru. Tak lama kemudian mereka bersama-sama sembahyang bersama, berdoa kebaikan semua pihak. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Umat, klenteng, sembahyang



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more