Pemkab Janji Serap Masker dan APD Lokal

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Untuk memulihkan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten Tuban karena terdampak Covid-19, maka Bupati Tuban, Fathul Huda berjanji menyerap produk buatan pelaku UMK lokal, Rabu (12/8/2020).

Keberpihakan kebijakan tersebut, difokuskan bagi UMK di bidang konveksi Bumi Wali binaan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag).

“Kita akan memprioritaskan APD dan masker hasil produksi UMK Kabupaten Tuban sehingga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat,” terang Bupati Huda dalam penyerahan bantuan modal kepada 73 pelaku UMK bidang koveksi di Kabupaten Tuban.

Bupati asal Kecamatan Montong menginstruksikan Diskoperindag terus memberi pendampingan kepada pelaku UMK bidang konveksi. Pendampingan dimaskudkan agar UMK konveksi dapat terus memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) maupun masker mengingat ketersediaannya sangat dibutuhkan masyarakat.

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak signfikan pada pelbagai sendi kehidupan, terutama perekonomian. Tidak sedikit masyarakat Bumi Wali yang mengalami penurunan penghasilan bahkan kehilangan mata pencahariannya.

"Sejumlah bantuan sosial juga telah disalurkan kepada masyarakat terdampak, baik dalam bentuk paket sembako maupun uang tunai," imbuh Bupati dua periode.

Tokoh karismatik di NU Tuban ini meminta pandemi Covid-19 tidak boleh dibiarkan berkepanjangan dan harus segera dihentikan. Dikhawatirkan pandemi Covid-19 akan semakin memperparah kondisi perekonomian bangsa Indonesia, juga masyarakat Bumi Wali.

Kendati demikian, dukungan dan keterlibatan semua elemen masyarakat sangat diperlukan dalam penanganan serta pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kita harus disiplin dan menjadi polisi bagi diri sendiri. Caranya dengan mematuhi protocol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak aman," pungkas Bupati Huda. [ali/ono]