10:00 . Satgas Covid-19 Tuban Minta Warga Batalkan Gelar Acara Hiburan   |   09:00 . Pencarian Korb4n H4nyut di Sungai Avur Desa Cendoro   |   08:00 . Hilang 3 Hari, Korban Hanyut Avour Suru Terapung di Jembatan Glodok   |   07:00 . Bantu Menstruasi Lebih lancar, Konsumsilah 5 Makanan Ini Secara Teratur   |   17:00 . Tinjau Tanggul Embung Jebol di Plumpang, BPBD: Penanganan Darurat Akan Dilakukan   |   15:00 . Perubahan Tata Ruang Wilayah Picu Banjir di Tuban   |   14:00 . Proyek Penambalan Jalur Pantura Picu Kemacetan Panjang   |   13:00 . Tanggul Avour Suru Jebol, 60 Rumah di Cendoro Terdampak   |   11:00 . Proyek Penambalan Jalur Pantura Picu Kemacetan Panjang   |   10:00 . Tanggul Avour Suru Jebol, 60 Rumah di Cendoro Terdampak   |   09:00 . Basarnas Pimpin Pencarian Korban Hanyut di Avour Suru, Fokus di 6 Titik   |   07:00 . Mainan Mandi Anak Bisa Simpan Banyak Bakteri, Begini Cara Mengatasinya!   |   23:00 . Tanggul Embung Jebol, 110 KK di Desa Sumberagung Terendam Banjir   |   22:00 . Arus Sungai Makin Deras, BPBD Hentikan Pencarian Korban   |   20:00 . Petani Pucangan Palang Hanyut di Sungai, Begini Kronologinya   |  
Fri, 22 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pelaku UMKM Diberi Stimulus Modal Usaha

bloktuban.com | Tuesday, 11 August 2020 10:00

Pelaku UMKM Diberi Stimulus Modal Usaha

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tuban yang terdampak Covid-19 mulai mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berupa bantuan modal usaha.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya mengatakan, untuk mendukung kegiatan penguatan IKM akan diberikan bantuan sosial modal usaha tahap pertama kepada 73 pelaku UMKM bidang usaha konveksi yang telah mengajukan proposal permohonan bantuan, masing-masing sebesar Rp 2.000.000.

Bansos tersebut bertujuan sebagai stimulus bagi pelaku UMKM dalam upaya pemberdayaan ekonomi di masa pandemi Covid-19, melalui kegiatan produksi penyediaan kebutuhan masker bagi masyarakat Kabupaten Tuban.

"Bansos tahap kedua rencananya akan diberikan pada pelaku UMKM bidang kerajinan dan umum sebanyak 50 orang dengan masing-masing sebesar Rp2.000.000," terang Agus Wijaya kepada blokTuban.com, Selasa (11/8/2020).

Mantan Kabag Humas dan Media Pemkab menambahkan, bantuan berupa barang kepada pelaku UMKM bidang makanan dan minuman dengan nominal Rp 1.000.000 dengan menggunakan dana insentif daerah tambahan Kabupaten Tuban.

Melalui Kegiatan yang sama yaitu penguatan IKM yang terdampak Covid 19, dilaksanakan kegiatan pengadaan masker dengan memberdayakan pelaku UMKM. 

Lalu membagikan masker-masker tersebut pada para PKL, pedagang dan pengunjung pasar daerah maupun pasar desa. Pelaku saha lainnya dan sebagian masyarakat Kabupaten Tuban, dalam rangka mensosialisasikan penggunaan masker pada masa pandemi.

"Kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis dihadiri 30 pelaku UMKM sebagai perwakilan penerima bantuan," imbuh mantan Camat Montong.

Sebelumnya, Diskoperindag Kabupaten Tuban mencatat 93.686 pelaku usaha mikro di Kabupaten Tuban terdampak Covid-19. 

Rinciannya 16.899 di antaranya terdiri dari kelompok IKM, kemudian sekitar 75.000 pelaku usaha di sektor riil meliputi pertanian, peternakan, olahan jasa dan lainnya.

Sedangkan sisanya ada sekitar 200 pelaku usaha non formal yang meliputi pedagang keliling, asongan serta Pedagang Kaki Lima (PKL).

Dari stimulus modal usaha tersebut, Diskoperindag ke depan bisa menjadi mitra sekaligus membeli produk UMKM untuk dipasarkan di ritel-ritel atau tempat pemasaran yang pas. [ali/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : umkm, diperindagkop, bantuan, bansos



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more