Cegah Corona, Pesantren Diberi Hand Sprayer dan Pembersih Lantai

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tingginya kasus penyebaran Covid-19 diwilayahnya, mendorong Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan perhatian lebih kepada pondok pesantren. Setelah bantuan Sembako dan Alat Pelindung Diri (APD), kini pesantren dibantu hand sprayer dan pembersih lantai, Sabtu (8/8/2020).

"Bantuan ini dari Palang Merah Indonesia (PMI)," terang Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana.

Sekda menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas bantuan hand sprayer dan pembersih lantai yang telah diberikan. Karena ini sangat sangat menunjang dalam lingkungan pesantren untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Semoga bantuan ini bermanfaat karena kita semua belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir,” imbuh birokrat asal Nganjuk.

Setelah diterima Sekda, bantuan 77 buah Hand Sprayer/alat penyemprot ruangan dan 29 dus pembersih lantai tersebut langsung diserahkan langsung pada 29 perwakilan masing-masing pondok pesantren di Kabupaten Tuban yang hadir saat itu.

Dari data PMI, Ponpes yang menerima bantuan diantaranya, Ponpes Langitan (Widang), KH. Muhammad Zuhdi (Widang), Manbail Futuh (Jenu), Assalam (Bangilan), Nahdlatul Tholibin Al-Islamiyin (Jatirogo), Maqomam Mahmuda (Kerek), Al Hikmah (Kerek), An-Nur (Montong), Hidayatul Islam (Palang), Miftahul Hikmah (Parengan), Salafiyah Kholidiyah (Plumpang), Maqom Tahrir (Rengel).

Selanjutnya Sunan Bejagung (Semanding), Mansyaul Huda 02 (Senori), Wali Songo (Singgahan), Al Mubaarokah (Singgahan), Al Ishlah (Soko), Al Uswah (Tuban), Al Huda (Merakurak), As-Sa’Adah (Jatirogo), Al Ma’had Al Hasyimi (Bancar), Al Hikmah (Singgahan), Darruttauhid Al Hasaniyah (Senori), Tarbiyatul Ulum (Rangel), Raudlatul Thalibin (Singgahan), Manbaul Huda (Rangel), PPM Al Muhibbin (Jatirogo), Hidayatun Najah (Tuban), Nurul Huda (Parengan).

PMI Tuban sebelumnya juga telah melakukan penyemprotan di lembaga pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, tempat ibadah, kantor (Instansi) dan pondok pesantren di Kabupaten Tuban. Sekaligus memberikan Biskuat Bolu pada lembaga Paud, TK, dan TPQ serta bantuan sembako pada lansia.

Bantuan Hand Sprayer dan pembersih lantai yang akan diteruskan ke seluruh pesanteren ini serahkan oleh Sutrisno wakil ketua PMI Kabupaten Tuban dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Budi Wiyana di halaman Pemkab Tuban. [ali/ito ]