19:00 . Meski Harga Cabai Melonjak, Pemilik Warung Makan ini Tetap Patok Harga Normal   |   18:00 . Sederet Penerima Hibah Rp7,175 Miliar APBD Tuban tahun 2021   |   17:00 . Cerita Penyintas Covid-19: Rutin Donor Plasma Membuat Tubuh Semakin Sehat   |   16:00 . Pameran Virtual Bulan Maret Diikuti Pelukis dari Tapin Hingga Jambi   |   13:00 . Harga Cabai Melambung, Cabai Busuk Kering di Tuban Dijual Rp50 Ribu Perkilogra   |   12:00 . Setelah Nakes, Ulama jadi Prioritas Vaksinasi   |   07:00 . Selain Bau Mulut, Waspada 3 Masalah Kesehatan Ini Jika Malas Menyikat Gigi   |   19:00 . Kasat Sabhara Polres Tuban Cukur Anggota Berambut Panjang   |   16:00 . Resmikan Kantor MWC NU Kecamatan Soko, Ini Harapan Wabup Tuban   |   13:00 . Harga Gabah Turun, Diskoperindag Tuban Minta Petani Manfaatkan Resi Gudang   |   12:00 . Toleransi Keagamaan di Tuban jadi Miniatur Indonesia   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   17:00 . Satu Tahun Covid-19, Tuban Zona Orange, Lamongan dan Bojonegoro Zona Kuning   |   16:00 . Peluang Usaha, Kafe Bukit Teduh Sajikan Panorama Indah   |   15:00 . Kios Milik Warga Grabagan Ludes Dilalap Jago Merah   |  
Thu, 04 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bersama DPR RI, Pemerintah Kampanyekan Gemarikan di Tuban

bloktuban.com | Saturday, 08 August 2020 12:00

Bersama DPR RI, Pemerintah Kampanyekan Gemarikan di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Anggota Komisi IV DPR RI Farida Hidayati, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan juga Pemkab Tuban, melaksanakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di gedung Korpri Komplek Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Jumat (7/8/2020).

Dalam kegiatan itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda mengajak kepada seluruh komponen masyarakat mulai saat ini agar melakukan atau mengkampanyekan Gemarikan. Lantaran ikan itu penuh protein yang tinggi dan sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

 Menurut Bupati, selama ini ikan-ikan yang bagus dikirim ke luar negeri, sedangkan masyarakat Kabupaten Tuban sendiri yang rumahnya disekitar laut, sangat kurang mengkonsumsi ikan laut.

 “Selama ini ikan-ikan yang segar dikirim ke luar negeri, ini kan sayang sekali,” terang Bupati Tuban, H Fathul Huda.

Sementara itu, Staf Ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan Pamuji Lestari menyampaikan melalui program Gemarikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan meminta agar masyarakat lebih meningkatkan konsumsi ikan. 

Terlebih Kabupaten Tuban masih rendah dalam hal konsumsi ikan. Kendati begitu, pihaknya akan terus meningkatkan tingkat konsumi makan ikan laut di Tuban, dan menjadikan Kabupaten Tuban sebagai sentra pengolahan ikan laut.

 “Gizinya kita jaga, mutunya dikendalikan, kalau ikan tidak dikemas dengan baik, tidak higienis tidak disukai masyarakat dan harus diperbaiki agar mutu jadi lebih tinggi,” kata Pamuji Lestari.

Lebih lanjut, dia juga telah mengunjungi beberapa toko oleh-oleh di Kabupaten Tuban dan ikan sudah menjadi bahan baku untuk oleh-oleh. Ada yang diasapkan, dikeringkan, dan diasinkan. 

Pamuji menambahkan, menurut Presiden Jokowi pangan merupakan salah satu sumber untuk memerangi covid 19, selain memakai masker, rajin cuci tangan. "Kami tidak akan bisa sukses, tanpa dukungan di pusat, tanpa mitra kami di DPR RI,” ujar Pamuji.

 Di tempat yang sama, anggota Komisi IV DPR RI Farida Hidayati mengajak kepada masyarakat agar masyarakat mulai saat ini gemar makan ikan segar, hal itu agar imun semakin tebal untuk memerangi Covid 19. 

Selain itu, politikus PKB ini juga menyinggung soal usaha dibidang perikanan agar menggeliat kembali. Pengusaha perikanan kembali muncul dan konsumennya ada, jadi dari hulu sampai hilir mengena.

 Dia juga menyarankan, agar ibu-ibu juga gemar makan ikan, karena ikan gizinya bagus sekali, dan bagus untuk ibu menyusui. Pihaknya juga akan koordinasi dengan Dinas Sosial, agar bantuan dari Dinas Sosial untuk masyarakat yang usahanya di bidang perikanan menggeliat dengan bantuan-bantuan sosial di sektor perikanan.

 “Ini adalah gerakan memasyarakatkan makan ikan dan ini sangat bagus agar imun kita tebal untuk memerangi Covid 19. Kita juga akan koordinasi dengan dinas sosial agar bantuan-bantuan untuk usaha dibidang perikanan, bantuan Covid juga bisa dimasukkan nanti ke sektor perikanan,” pungkasnya.

 Sekadar diketahui, dalam kesempatan itu, Kementerian KKP juga memberi bingkisan berupa makanan pokok dan sejumlah produk makanan olahan kepada 100 warga.[hud/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : gemarikan, makan ikan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more