Seberapa Sering Bra Harus Dicuci?

Reporter: -

blokTuban.com - Tak lagi harus ke kantor dan melakukan berbagai aktivitas di rumah selama pandemi, membuatmu lebih sering berada di dalam kamar ber-AC, tak ada debu jalanan, dan tak berkeringat.

Hal itulah yang kemudian membuat kamu merasa tak perlu mandi dua kali sehari seperti biasa, dan bahkan tak perlu mencuci bra setiap hari.

Memang tak ada ilmu pasti yang mengatur seberapa sering kamu perlu mencuci bra. Tapi dokter spesialis kulit Cleveland Clinic, Alok Vij, MD, mengatakan, bra harus dicuci setelah dua atau tiga kali pakai, itu adalah aturan umum.

"Beberapa jam pemakaian bra dengan sedikit keringat mungkin tidak dianggap sebagai satu kali pemakaian penuh," katanya.

"Tapi beberapa jam dengan banyak keringat dianggap sebagai pemakaian dua kali bahkan tiga kali."

Penting juga untuk mengganti bra, agar bentuk cup dan elastisitas tali bra tak cepat rusak.

"Kamu bisa mengenakan bra yang sama dua hari berturut-turut, asalkan kamu melepasnya selama beberapa jam di antara waktu pemakaian, ini baik untuk payudara dan juga bra," kata Dr. Vij.

"Mengenakan bra yang sama hari demi hari akan membuat bra lebih cepat kehilangan bentuk aslinya."

Selain tak mengenakan bra yang itu-itu saja, menurut Dr. Vij cara menjaga bra tetap ‘sehat’ adalah mencucinya, untuk menghilangkan sisa-sisa kulit, minyak, dan keringat yang menempel di bra.

"Semua sel kulit mati, minyak, dan keringat yang terperangkap di bawah bra akan menjadi tempat bakteri dan jamur," kata Dr. Vij.

Dr Vij menambahkan, jarang mencuci bra dapat menyebabkan noda dan bau yang menempel pada bra - serta iritasi kulit, ruam atau infeksi kulit lokal dari jamur atau bakteri.

Namun, mencuci bra terlalu sering juga tak disarankan. Pasalnya, akan menyebabkan cup kehilangan bentuk dan tali kehilangan elastisitasnya.

Berikut cara mencuci bra, agar bentuknya tetap terjaga:

- Kencangkan tali bra sebelum dicuci, sehingga tidak akan kusut atau merobek pakaian lainnya.

- Tempatkan bra di dalam tas cucian jala, sehingga tidak akan terputar dengan pakaian lain.

- Pilih siklus cucian yang paling lembut dengan air paling dingin untuk mencegah bahan bra rusak dan menjaga elastisitasnya.

- Saat menjemur, letakkan bra di atas handuk hingga kering, pastikan cup diposisikan dalam bentuk alami.

- Hindari memakai pengering. Panas dan getaran akan merusak bentuk cup dan mengurangi elastisitas bra.

- Setelah kering, simpan dengan posisi merata. Menyimpan bra dengan satu cup di dalam cup yang dapat secara permanen mengubah bentuk bra.

“Dengan perawatan yang lembut, bra berkualitas dapat bertahan selama bertahun-tahun,” kata Dr. Vij.

"Tetapi mencuci terlalu sering - atau pun tidak cukup sering - dapat merusak bra dan bahkan merusak kulit di sekitar payudara."

*Sumber: kompas.com