11:00 . Puluhan Barang Berbahaya Disita dari Kamar Napi   |   07:00 . Simak! 7 Alasan Utama Mengapa ASI Penting untuk Bayi   |   19:00 . Diabaikan, Keberadaan Rambu Ini Tak Dianggap   |   18:00 . Pastikan Kelayakan Senpi, Polres Lakukan Pemeriksaan Berkala   |   16:00 . GEGER! Pemuda Ronggomulyo Ditemukan Gantung Diri   |   15:00 . Viral...!!! Gara-gara Bocil, Truk Hantam Rumah   |   14:00 . Fakta-Fakta Korban Gantung Diri di Kamar Mandi, Sempat Minta Maaf Kepada Keluarga dan Kerabat   |   13:00 . Pantai Boom akan Jadi Ikon Pariwisata Kemaritiman Indonesia   |   12:00 . Pemkab akan Dukung Mesin Packing untuk Minuman Legen   |   11:00 . Begini Proses Evakuasi Korban Gantung diri Dari Gang Sempit   |   10:00 . Geger Warga Kelurahan Ronggomulyo Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi   |   09:00 . Pendekar IKSPI Bersama TNI dan TAGANA Tanam Akar Wangi   |   08:00 . Terpilih Jadi Ketua DPC PKB Tuban, Miyadi Gaungkan 3 Tugas Pokok   |   07:00 . Rambut Rontok Secara Tiba-tiba, Waspada Penyakit Autoimun Alopecia Areata   |   14:00 . Ini Identitas Pemancing yang Perahunya Terbalik di Laut Tuban   |  
Tue, 09 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kinerja Positif Dinas Dukcapil di Tengah Pandemi

Dekatkan Layanan Online Sampai Desa

bloktuban.com | Monday, 03 August 2020 19:00

Dekatkan Layanan Online Sampai Desa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Semenjak pandemi Covid-19 menyebar, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban memaksimalkan layanan online. Keberadaan jaringan internet desa, sangat mendukung percepatanan layanan tanpa harus tatap muka, dengan optimalisasi peran Operator Siak (Opsi) desa maupun Opsi kecamatan.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid menjelaskan, proses layanan Dokumen Adminduk dilakukan dengan scan berkas persyaratan oleh Opsides/Opsi Kecamatan secara online ke Disdukcapil dan langsung proses cetak stlh terferikasi oleh Operator Dinas.

"Selanjutnya dalam setiap minggunya dokumen akan dikurir ke kecamatan dan diambil oleh Opsi desa untuk diserahkan kepada pemohon, akan tetapi jika kondisinya mendesak pemohon bisa mengambil langsung ke Dukcapil," terang Rohman Ubaid kepada blokTuban.com, Senin (3/7/2020). 

Berjalananya layanan online terkadang terkendala  jaringan di tingkat desa, jaringan Fiber Optik (FO) loading atau lambat. Untuk mengatasi problem jaringan ini, lanjut mantan Camat Jenu dibentuklah tim pengelola jaringan internet desa. Diketuai oleh Diskominfo, dan saat telah dilakukan evaluasi dan pembenahan bersama dengan Icon plus selaku pihak penyedia jaringan internet desa dan kecamatan.

Dijelaskan Ubaid bahwa jaringan FO ini telah merata di 20 kecamatan dan desa se-Kabupaten Tuban, dengan dialihkan ke jalur Intranet yang selama ini digunakan aplikasi Siskeudes ke depan Aplikasi SIAK / Adminduk akan lancar. 

Sistem online ini sangat efektif, karena mendekatkan layanan ke masyarakat desa yang jauh dari kantor dinas,  juga mengurangi biaya transportasi dan akomodasi lainya, belum lagi harus bolak balik dua tiga kali karena kurangnya persyaratan.

"Jadwal kurir petugas sudah diberikan ke kecamatan dan desa, sehingga bisa dipastikan pengiriman dokumen KTP, KK, Akte, dan KIA. Sekali lagi yang mendesak bisa diambil langsung ke Kantor Dukcapil dengan membawa surat dari opsi desa," bebernya. 

Selain jaringan, layanan online juga perlu peningkatan SDM opsi desa. Karena itu  dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi opsi kecamatan dan desa selama 5  hari, sehingga semua aturan akan terus ditingkatkan seiring bertambahnya tugas.

Program layanan yang dekat ini seiring dengan telah diluncurkanya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) oleh Mendagri beberapa waktu lalu. Sesuai arahan Bupati Tuban, Fathul Huda untuk mengoptimalkan layanan yang dekat masyarakat, maka ke depan mesin ADM akan ditempatkan wilayah-wilayah strategis secara bertahap.

"Kabupaten Tuban telah mendapat bantuan dari Pemprov 1 unit, PAPBD 2020 - 1 unit, dan Tribulan 1 th 2021 telah dialokasikan dari APBD 1 unit lagi. Tahun berikutnya tentu akan disesuaikan dengan kemampuan APBD" tambah Ubaid. 

Dengan ketersediaan mesin ADM tersebut, masyarakat/ pemohon tidak perlu lagi menunggu kurir dari Dinas, karena bisa cetak sendiri di ADM atau dengan bantuan Petugas Opsi Kecamatan, tentu setelah setelah diverifikasi dan menerima PIN dari WA.

"Untuk yang di wilayah Kota tetap ada 1 unit mesin ADM yaitu di Mall Pelayanan Publik. Sekali lagi Ini adalah harapan Bupati utk memberikan layanan yang semakin baik dengan mendekatkan layanan ke masyarakat," pungkasnya. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Disdukcapil, pelayanan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more