17:00 . Final, Rekom PAN untuk Setiajit   |   15:00 . Dinsos Bersama Suppliyer Perketat Pengawasan Produk Lokal   |   13:00 . DPD PPDI Tuban Dikukuhkan   |   12:00 . BUMD RSM Libatkan Peternak Lokal Suplai Daging BPNT   |   11:00 . Tak Punya Kuota Internet, PC Ansor Tuban Siapkan WiFi Gratis untuk Anak Sekolah   |   10:00 . Hari Pramuka ke-59, Kwaran Pramuka Montong Upacara di Api Abadi Maindu   |   09:00 . Mulai 18 Agustus, SMA-SMK Uji Coba Tatap Muka   |   08:00 . Kapolsek Sebut Kasus Daging Busuk BPNT Bisa Diproses Hukum   |   07:00 . Mengapa Stres Bisa Sebabkan Berat Badan Turun?   |   20:00 . Dirjen Bimas Budha Kemenag: Tempat Ibadah Jangan Ditutup   |   19:00 . Pemerintah Anggarkan Rp3,8 Triliun untuk Pulihkan Sektor Pariwisata   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG di Tuban Meningkat Saat Adaptasi Kebiasaan Baru   |   17:00 . Daging BPNT Busuk Diganti Layak Konsumsi   |   16:00 . Daging BPNT Busuk, Begini Komentar PMII   |   15:00 . Pertamina Tambah Titik Operasional BBM Satu Harga, Perluas Jaringan   |  
Fri, 14 August 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 27 July 2020 13:00

Tiket Wisata di Tuban Naik 100 Persen, Pengunjung Dapat Masker

Tiket Wisata di Tuban Naik 100 Persen, Pengunjung Dapat Masker

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pekan ini sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tuban mulai dibuka oleh Pemerintah Kabupaten setempat. Meski Tuban belum zona hijau, setiap wisata yang buka harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Dalam kenormalan baru atau lebih dikenal new normal, ada yang perubahan harga tiket di tiap wisata.

Salah satunya di objek wisata Pantai Kelapa di Desa Panyuran, Kecamatan Palang. Kepada blokTuban.com, Wakil Ketua Pokdarwis Kabupaten Tuban, Muhasan mengatakan, dibukanya objek wisata pada 25 Juli 2020 merupakan tindak lanjut surat edaran Bupati dan komitmen bersama di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban.

"Seiring dengan penerapan protokol kesehatan maka otomatis operasional di tiap wisata naik. Contoh di Pantai Kelapa semula Rp5.000 sekarang naik jadi Rp10.000," terang Muhasan setelah kunjungan Bupati bersama Kapolres dan Dandim 0811 Tuban, Senin (27/7/2020).

Naiknya tiket 100 persen tersebut, lanjut Muhasan pengelola menyediakan tempat cuci tangan yang banyak, penyemprotan disinfektan, dan sanitizer. Selain itu, setiap pengunjung juga diberi masker yang harga pasaran kisaran Rp5 sampai 6 ribu.

Selain di Pantai Kelapa, kenaikan tiket juga perlahan berlaku di objek wisata lain. Hasil koordinasi dengan Pokdarwis Kabupaten, contohnya di Wisata Pelang di Kecamatan Merakurak semula hanya mengisi kas seikhlasnya.

"Sekarang mulai diterapkan tiket Rp3.000 sampai Rp5.000 per orang karena operasional tinggi di era new normal," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Disparbudpora Tuban, Suwanto menyerahkan ke tiap pengelola objek wisata untuk kenaikan harga tiket. Mereka diminta untuk uji pasar jika dirasa memberatkan pengunjung, opsinya cashback berupa masker bisa tidak diberlakukan lagi.

"Saya rasa ini layak dengan pelayanan dan fasilitas yang diberikan pengelola. Dengan pembatasan 50 persen kapasitas tentu akan berimplikasi pada jumlah kunjungan," sambung Wanto sapaan akrabnya.

Berkurangnya kunjungan kemudian bisa ditutup dengan kenaikan harga tiket tersebut. Lebih dari itu, Wanto menilai kenaikan tiket juga sebagai penyeleksi wisatawan.

"Baru di Pantai Kelapa yang berani memberi cashback masker dari harga tiket yang naik 100 persen ini," tandas mantan pegawan Bappeda Tuban. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Wisata, tuban, Tiket, harga



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more