07:00 . Gejala Serangan Jantung, Ini Perbedaannya pada Wanita dan Pria   |   03:00 . Kecelakaan Maut Tuban-Bancar, 1 Orang Tewas 2 Luka Parah   |   20:00 . DPC SARBUMUSI Tuban Buka Posko Pengaduan THR 2021   |   19:00 . Ratusan Tukang Becak Antre Angpao di TITD Kwan Sing Bio Tuban   |   18:00 . 21 Anak di Tuban Dapat Beasiswa Rp174 Juta dari BPJS TK   |   17:00 . Ini yang Dilakukan Tim Pakar Satgas Covid-19 Pusat di Tuban   |   14:00 . Belasan Ribu Pelaku Usaha Mikro di Tuban Daftar BPUM 2021   |   13:00 . Rp4,3 M THR Lebaran Sudah Masuk ke Rekening ASN Tuban   |   12:00 . Tinggal Sendirian di Rumah, Warga Kelurahan Kingking Ditemukan Meninggal Terbaring di Sofa   |   11:00 . Kemplang Suguhan Khas Lebaran di Tuban, Rasanya Gurih   |   10:00 . Terjaring Penyekatan di Perbatasan Tuban-Rembang, Dua Wanita Cantik Ini Diminta Putar Balik   |   09:00 . Harga Telur Ayam Ras di Pasar Baru Tuban Turun   |   08:00 . Pertamina Asset 4 Cepu Santuni Yatim Dhuafa di Kecamatan Senori   |   07:00 . Alami Diabetes Selama Kehamilan, Waspada 4 Efek Berikut pada Janin   |   18:00 . Terjaring Penyekatan di Tuban, Sopir Travel Gelap Yang Reaktif Covid-19 Langsung di Isolasi   |  
Sat, 08 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Semester I 2020, Ada 404 Temuan dengan 523 Rekomendasi Inspektorat

bloktuban.com | Thursday, 23 July 2020 15:00

Semester I 2020, Ada 404 Temuan dengan 523 Rekomendasi Inspektorat

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Berdasarkan pemantauan tindak lanjut hasil pengawasan Inspektorat Tuban pada semester I tahun 2020 didapatkan 404 temuan dengan 523 rekomendasi.

Dari jumlah rekomendasi tersebut, sebanyak 125 rekomendasi telah ditindaklanjuti dengan status SESUAI, dan sebanyak 77 rekomendasi belum sesuai dan dalam proses proses tindak lanjut. Sedangkan 273 rekomendasi lain belum ditindaklanjuti.

Inspektur Inspektorat Tuban, Aguk Waluyo Raharjo, dalam laporannya menyebutkan pihaknya telah mengikuti pemantauan dan pembahasan bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur atas tindak lanjut rekomendasi pada semester II 2019 pada 7-9 Juli lalu.

Hasil dari kegiatan pemantauan tersebut, Tuban meraih capaian yang terbilang baik. Pertama, berdasarkan NILAI REKOMENDASI hasil pemeriksaan BPK yang telah ditindaklanjuti dengan status SESUAI mencapai 91,67 persen dan mengantarkan Kabupaten Tuban di peringkat ke-7 di Jawa Timur.

"Kedua, berdasarkan JUMLAH REKOMENDASI hasil pemeriksaan BPK yang telah ditindaklanjuti dengan status SESUAI mencapai 91,13 persen dan menempatkan Kabupaten Tuban di urutan ke-15 di Jawa Timur," terang Aguk, Kamis (23/7/2020).

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein menginstruksi seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Tuban segera menindaklanjuti temuan dan rekomendasi dari Inspektorat Kabupaten Tuban. Di samping untuk peningkatan kinerja organisasi sesuai regulasi yang berlaku, agar tidak menjadi temuan hukum.

“Tindak lanjut atas rekomendasi temuan harus dapat diselesaikan pada bulan Agustus sampai September ini,” sambung Wabup Noor Nahar Hussein.

Noor Nahar menekankan, pentingnya peningkatan kinerja dan segera menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan Inspektorat. Jika terdapat kekurangan segera konsultasi dengan Inspektorat, dan diselesaikan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selanjutnya dapat dilakukan pengawasan pada semester II.

"Inspektorat juga harus memberikan penilaian sekaligus pendampingan terkait dengan penyelesaian atas temuan dan rekomendasinya. Pengawasan dari Inspektorat sebagai langkah pencegahan terjadinya penyimpangan, pemborosan, penyelewengan, maupun kesalahan lainnya," tegasnya.

Politisi senior dari PKB Tuban itu juga menginstruksikan, agar pimpinan OPD/Unit Kerja agar lebih responsif dalam menindaklanjuti rekomendasi temuan hasil pengawasan di unit masing-masing. Selain lebih optimal melaksanakan pembinaan dan pengawasan, agar pelaksanaan tindak lanjut dapat diselesaikan dengan baik sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor: 72 tahun 2019 tentang Penguatan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah.

Ia memberikan apresiasi terhadap kinerja Inspektorat Tuban yang terus meningkat. Inspektorat bertugas memberikan peringatan dini, dan pengawasan internal jika terindikasi terjadi penyimpangan. Tindak lanjut tersebut saat penting agar terhindar dari tindak yang melanggar hukum, sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas kinerja.

“Targetnya lebih dari 95 persen rekomendasi yang dilaporkan dapat ditindaklanjuti dan diselesaikan dengan status SESUAI,” tandas polisi asal Rengel. [ali/ito]

Tag : Rekomendasi, tuban, inspektorat

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more