Jelang Idul Adha, Sejumlah WBP di Lapas Tuban Produksi Tusuk Sate

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Momen menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah dimanfaatkan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban untuk memproduksi tusuk sate dengan melibatkan sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, Kamis (23/7/2020). Kegiatan memproduksi tusuk tersebut dilakukan di salah satu ruangan pelatihan Lapas dengan melibatkan antara 6-10 WBP.

Kepala Lapas Kelas II B Tuban, Siswarno menyampaikan, kegiatan memproduksi tusuk sate tersebut dalam rangka untuk menangkap peluang pasaran tusuk sate hasil produksi para WBP menjelang Hari Raya Idul Adha.

Terlebih, selain menjadi bekal bagi para WBP saat bebas nanti. Produksi tusuk sate tersebut juga memiliki nilai tambah ekonomi.

"Produksi sudah berlangsung dua hari ini. Tujuannya dalam rangka menangkap peluang pemasaran di luar lapas menjelang Hari Raya Idul Adha," terang Kalapas Kelas IIB Tuban, Siswarno.

Dia menuturkan, pada momen-momen seperti saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan tusuk sate. Sehingga, Lapas Tuban berinisiatif memproduksi tusuk sate dengan melibatkan sejumlah WBP.

"Jadi, jika nantinya permintaan pasar banyak, tusuk sate akan diproduksi terus untuk memenuhi pasaran," tandas Siswarno.

Lebih lanjut, selama dua hari melakukan produksi Lapas Tuban telah menghabiskan tiga batang bambu. Sedangkan, untuk harga tusuk sate yang diproduksi para WBP mengikuti harga di pasaran.[hud/col]