Lima Orang Lihat Hilal di Banyuurip Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Menjelang penetapan awal bulan Dzulhijjah 1441 Hijriyah/2020 Masehi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menurunkan tim Badan Hisab Rukyat (BHR) untuk melakukan rukyatul hilal di menara pantau Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Selasa (21/7/2020) sore.

Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Tuban, Mashari menjelaskan, kegiatan Rukyatul Hilal dilakukan serentak di 84 titik lokasi wilayah Indonesia, salah satunya Kabupaten Tuban.

Proses pemantauan hilal menggunakan alat bantu agar didapatkan hasil yang lebih akurat, dan berdasarkan pemantauan, sebanyak 5 orang saksi menyatakan telah melihat hilal.

"Alhamdulillah hilal terlihat oleh lima orang saksi," kata ungkapnya, Rabu (22/7/2020).

Kelima orang saksi yang menyaksikan kemunculan hilal atas nama Ainul Yaqin, Fuad, Kamaluddin Sirot, Shodikin dan Ali Mahfudz. Kelima orang saksi tersebut selanjutnya akan dikonfirmasikan hakim pengadilan agama.

Dari hasil pemantauan, ketinggian hilal pada saat rukyat telah mencapai 7 derajat lebih di atas ufuq dan telah memenuhi persyaratan.

Sehingga dimungkinkan awal bulan Dzulhijjah 1441 hijriyah sudah masuk malam ini dan pelaksanan Idul Adha atau Hari Raya Qurban atau 10 Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat (31/7/2020) mendatang.

"Kendati demikian, keputusan penetapan menunggu hasil sidang isbat (penetapan) pemerintah melalui  Menteri Agama RI," ujar pria asal Kota Soto Lamongan tersebut.

Secara terpisah, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid menjelaskan, hasil rukyatul hilal telah membuahkan hasil berupa tanggal 1 Dzulhijjah 1441 H/2020 H jatuh pada malam ini.

Pelaksanaan rukyatul hilal menjadi salah satu kegiatan penting dan rutin diadakan pada momen penting di tahun hijriyah.

“Sebab berkaitan dengan ibadah dimana hasilnya terdapat penentuan awal bulan qomariyah," tuturnya.

Hasil rukyat di Bukit Banyuurip akan diteruskan langsung ke Kemenag Kanwil Jatim. Hasilnya diteruskan ke Kementerian Agama RI yang akan menggelar sidang isbat setelah waktu maghrib. [ali/rom]