BPBD Tuban Praktikkan Cara Penanganan Kebakaran Hutan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban bersama Perum Perhutani KPH Kebonharjo menggelar Apel Siaga Tanggap Darurat Bencana Alam dan Kebakaran Hutan, Rabu (22/7/2020).

Apel yang diselenggarakan di Kantor BKPH Tuder, KPH Kebonharjo Dusun Tuder, Desa Wonokerto, Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang diikuti jajaran KPH Kebonharjo, Forkopimka Sale dan Puskesmas Sale.

Pada kegiatan itu, Tim BPBD Kabupaten Tuban memberikan materi serta mempraktikan terkait cara penanganan kebakaran hutan dan lahan kepada peserta apel.

"Kita sosialisasikan akan pentingnya pencegahan dalam menghadapi bencana alam, khususnya mengenai kebakaran hutan dan lahan," terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto.

Menurut Yudi, tujuan pelaksanaan apel siaga tersebut dalam rangka melatih dan mempersiapkan personel apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan. Mengingat saat ini musim kemarau akan datang.

"Ini sebagai persiapan menjelang musim kemarau, apabila sewaktu waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan. Maka kami melatih personel supaya lebih terampil dan tangguh apabila ada kejadian," pungkas Yudi.[hud/col]