22:00 . Amsi Kembali Gelar Indonesian Digital Conference 2020.   |   18:00 . Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 0811 Gelar Donor Darah   |   17:00 . Panyuran Diterjang Banjir, Warga Pasang Sak Pasir Halau Air   |   16:00 . Jelang Pilkada, Kapolres Tuban Tinjau Kesiapan Personel   |   15:00 . BPS Deklarasikan Zona Integritas WBK   |   10:00 . Awal Desember, Jumlah Terkonfirmasi Positif di Tuban Capai 22 Orang   |   09:00 . Erupsi Semeru, Bright Gas Hadir di Dapur Umum Dinsos Lumajang   |   08:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   07:00 . Hindari, 14 Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Menghambat Karier   |   18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |   17:00 . Kunker di Tuban, Kajati Jatim Beri Pengarahan Seluruh Pegawai Kejari Tuban   |   16:00 . BMG Sabet Juara 2 Feature Online dan Foto Essay   |   15:00 . Wakil Bupati Tuban Hadiri Uji Coba Mall Pelayanan Publik   |   14:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   13:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |  
Sat, 05 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 20 July 2020 12:00

LAPAN Berbagi Tips Melihat Komet NEOWISE

LAPAN Berbagi Tips Melihat Komet NEOWISE Ket. Foto: Komet Neowise di atas Gunung Washington dekat Springfield, Ore. (Chris Pietsch/The Register-Guard, via Associated Press)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengumumkan komet Neowise atau C/2020 F3 dapat dilihat dari Indonesia dengan mata telanjang mulai 19 Juli hingga 25 Juli 2020 setelah Matahari terbenam.

LAPAN pun berbagi tips bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengamati komet C/2020 F3 atau NEOWISE ini. Yaitu pilih lokasi pengamatan arah Barat Laut yang bebas halangan maupun bebas polusi cahaya.

Perhatikan jendela pengamatan, pakai instrumen pengamatan dengan medan panjang luas. Apabila mengamati saat lintasan objek sangat redup, gunakan instrumen berfitur go-to dan tracking/guiding yang bagus.

Gunakan shutter speed yang tidak terlalu panjang. Apabila komet redup, ambil citra yang sama berulang kali dan ambil citra kalibrasi (bias, dark, flat), lalu ditumpuk (stack). Pastikan pula memakai tripod saat melakukan pengamatan.

Sekalipun dapat dilihat secara kasat mata, komet semakin sulit dilihat di daerah dengan polusi cahaya tinggi. Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs resmi LAPAN, Minggu (19/7/2020), komet dapat terlihat dengan binokular, teleskop, atau kamera digital dengan kepekaan cahaya yang tinggi.

"Waktu terbaik untuk mengamatinya pada tanggal 23 Juli 2020. Komet mulai sulit dilihat dengan mata telanjang pada 26 Juli 2020 pada lokasi berpolusi cahaya, sedangkan pada langit yang bersih bebas dari polusi cahaya akan mulai kesulitan melihat komet pada 5 Agustus 2020," tulis LAPAN.

Diketahui, komet Neowise pertama kali ditemukan pada 27 Maret 2020 melalui teleskop luar angkasa Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer (NEOWISE). Komet ini memiliki orbit bergerak mundur (retrogade) dengan bentuk yang hampir parabolik.

Observasi terakhir dari Coma Database Observer (COBS) menunjukkan nilai magnitudo komet ini sudah mencapai +1.5. Sementara diameter ekor komet ini mencapai 17,7 menit busur atau sedikit lebih besar dari ukuran radius bulan.

Komet Neowise hanya dapat disaksikan penduduk Bumi saat ini hanya sekali dalam seumur hidupnya. Sebab, komet ini tidak akan melewati Bumi lagi dalam kurun waktu sekitar 6.800 tahun. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : lapan, komet, neowise, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more