Dampak Pandemi, Pembeli Hewan Kurban Kambing Lesu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha Tahun 1441 H pembeli hewan kurban kambing di pasar hewan Kabupaten Tuban masih nampak lesu dan sepi, Senin (20/7/2020).

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, lesunya tingkat pembeli hewan kurban jenis kambing tersebut dikarenakan dampak pandemi Covid-19.

Salah satu penjual hewan kurban kambing, Bambang menyampaikan, tahun ini pembeli kambing untuk kurban sepi. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, perbandingan penjualannya 10 dan 3 ekor dalam sehari.

"Sekarang sepi yang beli kambing untuk korban. Kalau tahun lalu saya bisa menjual 8-10 ekor kalau sekarang hanya 3 ekor," kata Bambang saat ditemui blokTubam.com.

Selain itu, dia juga mengeluhkan harga hewan kambing yang tidak stabil. Namun, untuk kambing yang sudah pantas dikurban hargannya antara Rp3 juta ke atas. "Harga juga tidak stabil," keluhnya.

Sementara itu, penjual lain Prapto juga mengungkapkan hal yang sama, dia mengeluhkan lantaran pembeli kambing untuk kurban sepi karena dampak Covid-19.

"Sekarang pembeli sepi mas, karena masa pandemi," pungkas Prapto.[hud]