Bocoran Pasangan Setiajit, Berlatar Belakang Politisi dan Pengusaha

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Baju merah yang dikenakan Setiajit Bakal Calon Bupati Tuban di Pilkada 2020, menarik perhatian awak media. Warna merah tersebut identik dengan warna partai PDI Perjuangan.

Sandi warna tersebut ditanggapi oleh pejabat asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak di sela pembagian 300 ribu masker, leaflet dan tong air untuk cuci tangan ke masyarakat di Posko Tuban Milik Bersama Jalan Wahidin Sudirohusodo Tuban, Minggu (9/7/2020).

"Jika sandi warna merah diartikan identik PDIP, maka saya insyaAllah akan diusung partai tersebut," terang Setiajit yang juga Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur.

Setiajit juga bersyukur hasil survei beberapa lembaga survei menunjukkan elektabilitasnya cukup tinggi. Selain PDIP, partai lain yang mendukung Setiajit maju sebagai Bupati Tuban yaitu PAN, PPP, Hanura dan PBB. Tidak menutup kemungkinan beberapa partai lagi akan ikut mengusung.

Dalam 20 tahun terakhir, Pilkada di Kabupaten Tuban diwarnai dinasti Haeny Golkar dan dinasti Fathul Huda PKB-NU. Setiajit nenyikapi hal tersebut wajar jika keduanya masih menginginkan untuk menjadi nomor satu di pringgitan Tuban.

Dalam demokrasi sikap kedua dinasti boleh-boleh saja, tapi kembali lagi masyarakat yang menentukan. Menghadapi politik dinasti, dirinya menegaskan yang memilih bukan trah dinasti tapi masyarakat secara langsung.

"Yang saya dengar masyarakat Tuban sudah melawan politik dinasti. Kalau saya tidak melawan, tapi sebagian besar masyarakat yang melawan," tegasnya.

Lebih dari itu, belum turunnya rekomendasi PDIP untuk Pilkada Tuban diakuinya karena belum ditentukannya kepastian pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. Masalah itu baru diselesaikan hari-hari terakhir ini, dan pekan depan akan menghadap DPP Provinsi dan Pusat.

"Untuk pasangan saya bisa perempuan bisa laki-laki, tunggu saja minggu depan baru diumumkan. Yang jelas politisi dan pengusaha," tandasnya. [ali/col]