Warga Gelar Aksi Solidaritas KPM BPNT

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lebih dari 50 warga Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang pada Sabtu (18/7/2020) sore mengelar aksi galang bantuan sosial untuk 46 KPM program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang sedang berjuang atas dugaan penggelapan program sejak 2018.

Munculnya aksi solidaritas tersebut, berawal dari keprihatinan warga terhadap KPM yang sering dipanggil di Mapolres Tuban. Ketika dimintai sebagai saksi, tentu KPM harus meninggalkan pekerjaannya sehari.

"Mudah-mudahan atas bantuan ini bisa bermanfaat. Kami sangat prihatin dan peduli kepada KPM. Memang ini tidak seberapa, tapi aksi solidaritas ini menegaskan bahwa kami bersama KPM," ujar Mohamad Sukur salah satu pemuda yang melakukan aksi galang dana.

Sukur menambahkan, puluhan peserta aksi di tengah pandemi Covid-19 tetap menerapkan protokol kesehatan. Salah satunta wajib menggunakan masker. Secara simbolis bansos yang terkumpul di berikan kepada KPM.

Selama aksi berlangsung, warga fokus pada soalidaritas terhadap KPM. Tidak ada yel-yel yang memicu kegaduhan, terutama menyinggung oknum Sekdes yang terlibat dugaan penggelapan BPNT.

"Beberapa tulisan yang dibawa warga berbunyi kami bersama KPM, kami butuh kepastian hukum, sekalipun langit runtuh, keadilan harus tegak!, aksi solidaritas untuk KPM, dan Cepokorejo aman*," imbuh Sukur.

Untuk menjaga aksi tetap kondusif, Sukur memastikan yang hadir hanya masyarakat Cepokorejo. Tidak ada penyusup supaya poin aksi tersampaikan.

"Saya merasa senang dikasih bantuan. Ternyata masyarakat sangat perduli, semoga berkah," sambung Hernanik salah satu KPM yang menerima bantuan dari aksi galang dana ini.

Hernanik menambahkan, adapun bansos yang diterimanya berupa mie instan, gula pasir, dan minyak goreng. Bantuan ini tidak dilihat nilainya, tapi makna dukungan warga sangat berarti di tengah proses hukum yang terus berjalan.

Diketahui, kasus dugaan penggelapan BPNT di kepolisian tahap pemanggilan saksi-saksi. Setelah turun ke lapangan, tim Insopektorat Pemkab Tuban, juga masih memeriksa data dan bukti terkait kasus BPNT Cepokorejo. [ali/ ]