20:00 . AMSI Rumuskan Strategi Mendorong Ekosistem Digital yang Adil bagi Media Siber   |   19:00 . Tuban Banjir, Hingga Minggu Malam Hujan Belum Reda   |   15:00 . Marak ODGJ Awal Tahun 2021, Ini Kata Kasatpol PP Tuban   |   14:00 . Operasi Yustisi, 4 Orang Tak Pakai Masker Diminta Push Up   |   12:00 . Pemkab Tuban Inginkan Jalan Pantura Dibeton   |   10:00 . Pecinta Sepeda Tua Asal Rengel Ditemukan Meninggal di Plumpang   |   07:00 . Tips Tampil Elegan Tanpa Habiskan Banyak Uang   |   16:00 . Dandim Tuban Tanam Pohon di Kawasan Air Terjun Nglirip   |   15:00 . Meski Dihimpit Pandemi, Capaian BAZNAS Tuban Lampaui Target   |   14:00 . Anggota DPRD di Tuban Mengecat Lubang Jalan yang Bahayakan Pengendara   |   13:00 . Unirow Tuban Peringkat 154 dari 2.136 Perguruan Tinggi se-Indonesia   |   12:00 . Hindari Tumpahan Kalsium di Jalur Pantura, Pengendara Motor Jatuh   |   10:00 . Inilah Kriteria Orang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac   |   07:00 . Orangtua, Yuk Kenali Gaya Belajar Anak!   |   17:00 . KPU Tuban Tetapkan Lindra-Riyadi Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih   |  
Mon, 25 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ini Alasan Tuban Zona Jingga Meski Angka Positif Covid-19 Bertambah

bloktuban.com | Thursday, 16 July 2020 10:00

Ini Alasan Tuban Zona Jingga Meski Angka Positif Covid-19 Bertambah

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Meski dua hari terakhir angka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban terus bertambah, total 18 pasien sehari dan bertambah lagi sebanyak 8 pasien atau secara kumulatif berjumlah 157, zona penyebaran berubah dari merah menjadi jingga. 

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, dua hari ini selain angka terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah, namun zona penyebaran berubah dari zona merah ke zona jingga. Zona merah berarti  risiko penyebaran tinggi, berubah menjadi zona risiko penyebaran sedang. 

"Alhamdulillah, berdasarkan hasil rilis peta penyebaran Provinsi Jawa Timur untuk wilayah Tuban zona berubah dari merah ke oren," ungkap Endah, Kamis (15/7/2020).

Ia menjelaskan, perubahan zona terjadi disebabkan1 5 faktor di antaranya, penurunan jumlah kasus positif Covid-19 selama dua minggu terakhir dari puncak target; Penurunan jumlah ODP dan PDP dalam dua minggu terakhir; penurunan jumlah kasus meninggal dari pasien positif Covid-19, ODP dan PDP dalam dua minggu terakhir dari target. 

"Penurunan jumlah kasus positif covid-19, ODP dan PDP yang dirawat di Rumah Sakit (RS) dalam dua mingu terakhir," ujarnya.

Lebih lanjut, selain itu juga diperhatikan kenaikan jumlah pasien sembuh Covid-19; kenaikan jumlah selesai pemantauan dan pengawasan, dari ODP dan PDP selama dua minggu terakhir; penurunan laju insidensi kasus positif per 100,000 penduduk; penurunan angka kematian per 100,000 penduduk; dan jumlah pemeriksaan spesimen selama dua minggu.

"Di Tuban, beberapa minggu ini angka kesembuhan terus meningkat," imbuhnya.

Jubir sekaligus sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini kembali mengingatkan, bahwa selama beraktifitas kita harus tetap waspada dengan lingkungan sekitar.

"Termasuk ketika berhadapan dengan orang yang kita kenal baik, terutama  dalam penggunaan masker," tuturnya. 

Penggunaan masker bertujuan untuk meminimalisir droplet yang mungkin keluar saat kita berbicara, bersin atau batuk.  Masker akan efektif jika digunakan dengan baik dan benar terutama saat bicara, jangan diturunkan di dagu atau di lepas jika sedang berbicara dengan orang lain.

Berdasarkan Peta Sebaran yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, secara kumulatif jumlah Pasien konfirmasi positif Covid-19 adalah sebanyak 157 orang dengan keterangan 52 orang sembuh, 12 meninggal dunia dan 93 orang masih dalam perawatan dan isolasi.

Sedangkan untuk PDP secara kumulatif adalah sebanyak 126 orang dengan keterangan 65 orang sembuh, 33 orang meninggal dunia dan 28 orang masih dalam pengawasan.

Sementara itu dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) menunjukkan penurunan, dari 666 orang secara kumulatif, 653 orang sudah selesai pemantauan dan 13 orang lainnya sudah selesai pemantauan. [nid/col]






* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Covid, zona, sakit



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more