Tahun Ini Haul Sunan Bonang Ke-511 Ditiadakan

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pandemi Covid-19 di Kabupaten Tuban hingga saat ini masih belum berakhir. Kondisi tersebut, membuat pengurus Yayasan Mabarrot Sunan Bonang Tuban mengeluarkan maklumat meniadakan Haul Sunan Bonang ke-511 Tahun 2020.

Ketua Plt Yayasan Mabarrot Sunan Bonang, Sutrisno Rahmat mengatakan, keputusan meniadakan Haul Sunan Bonang tersebut merupakan hasil dari kesepakatan semua jajaran pengurus yayasan.

Selain itu, keputusan meniadakan kegiatan Haul itu juga saran dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 atau Pemkab Tuban dalam rangka untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Dari kesepakatan semua jajaran pengurus yayasan, tahun ini tidak menyelenggarakan haul yang sifatnya mengumpulkan orang banyak," terang Sutrisno Rahmat saat dikonfirmasi blokTuban.com, Selasa (14/7/2020).

Sutrisno menambahkan, meski tidak menyelenggarakan rangkaian haul yang sifatnya mengundang banyak masyarakat, seperti pengajian akbar dan sunatan massal sebagai agenda rutin. Namun, pengurus tetap menyelenggarakan kegiatan Khotmil Quran di beberapa masjid. 

"Tahtimul Quran tersebar di beberapa masjid, sedangkan untuk pengajian akbar dan sunatan massal yang mengundang kerumunan orang banyak ditiadakan," tandasnya.

Lebih lanjut, dia berharap agar pendemi Covid-19 ini segera hilang dan masyarakat bisa kembali beraktifitas dengan normal. Diketahui, pelaksanaan Haul Sunan Bonang sendiri diselenggarakan setiap tahun pada Malam Jumat Wage Bulan Muharram.[hud/col]