Pedagang Kambing di Pasar Hewan Khawatir Tahun Ini Sepi Pembeli

Reporter: Nidya Marfis H.

blokBojonegoro.com - Pedagang kambing di Pasar Hewan Tuban, khawatir tahun ini penjualan hewan kurban mengalami penurunan.  - Pedagang kambing di Pasar Hewan Tuban, khawatir tahun ini penjualan hewan kurban mengalami penurunan. 

Salah satu pedagang kambing di pasar hewan Tuban, Mulyono (63) mengaku khawatir akan kemungkinan sepinya pembeli lantaran saat ini pandemi  Covid-19 dan dianggapnya bisa mengurangi daya beli masyarakat.

"Biasa sekolah - sekolah sudah pada pesan kambing, saat ini sekolah kan belum masuk jadi khawatir sepi," ujar  Mulyono, Selasa (14/7/2020).

Ia menjelaskan, saat ini dua minggu menjelang Idul Adha baru ada 3 orang yang memesan ternaknya. Hal ini mengalami penurunan dari tahun - tahun sebelumnya.

"Biasanya sekolah - sekolah sudah pesan, satu sekolah bisa pesan 2-4 ekor," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan pedagang lainnya, Sunandar (50) ia mengaku tahun ini untuk harga kambing kemungkinan tidak ada kenaikan. Sebab, permintaan belum mengalami peningkatan dan stok hewan masih banyak. Untuk satu ekor kambing jenis Jawa seharga Rp1,5 juta sampai Rp3 jutaan dan untuk jenis gibas Rp2.5 juta sampai Rp4 juta.

"Kemungkinan tidak ada kenaikan harga untuk tahun ini," tandasnya. [nid/col]