20:00 . Ketum DPN PPDI dan PP PPDI Bakal Hadiri Acara Pelantikan di Tuban   |   19:00 . Daging BPNT Busuk, Sempat Dimasak KPM dan Dimuntahkan   |   18:00 . Terima Rekom PAN, Setiajit Siap Bertarung   |   17:00 . Korsleting Listrik, Kedai di Rest Area Tuban Terbakar   |   16:00 . Farida Hidayati Serahkan Kendaraan Pendukung Penanganan Covid-19   |   11:00 . Satpol PP Imbau Masyarakat Disiplin Pakai Masker, Kecuali Sedang ini...   |   10:00 . KPU Tuban Laksanakan PAW PPK Kecamatan Semanding   |   09:00 . Pemkab Janji Serap Masker dan APD Lokal   |   08:00 . Rawan Pohon Tumbang, Dua Pengendara Motor Jadi Korban   |   07:00 . Setop, Jangan Kulum Bibir untuk Ratakan Lipstik   |   21:00 . DPRD Tuban: Air Bengawan Solo Kembalikan Kejayaan Lumbung Pangan di Tuban Selatan   |   21:00 . Farida Hidayati Tinjau Lokasi Rencana Ketahanan Air di Tuban   |   20:00 . HUT RI Tahun Ini Terbatas, Tidak Ada Pawai Budaya dan Lomba   |   19:00 . Hari Ini, Kampanye Tuban Bermasker di Wilayah Ujung Selatan   |   18:00 . Fenomena Buat Video Tik-Tok di Traffic Light, Ini Imbuan Kasatlantas   |  
Thu, 13 August 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 07 July 2020 21:00

Kakankemenag Tuban Beri Pembinaan pada FKPAI

Kakankemenag Tuban Beri Pembinaan pada FKPAI

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Tuban hari ini mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Honorer Kabupaten Tuban periode 2020 - 2024 di Aula Pondok Pesantren Al-Futuhiyah, Desa Sugiharjo Tuban, Selasa (07/07/2020).

Kiai Subhan dari Kecamatan Singgahan dikukuhkan sebagai Ketua FKPAI Kabupaten Tuban. Acara ini dihadiri oleh sekitar 125 undangan termasuk Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan 10 anak yatim. 

Dalam sambutannya Kakankemenag Tuban, Sahid mengingatkan tupoksi Penyuluh Agama, yakni seorang yang diberi tugas, tanggungjawab dan wewenang oleh Pemerintah untuk melaksanakan bimbingan keagamaan. Penyuluhan pembangunan melalui bahasa agama kepada kelompok sasaran.

"Untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab tersebut, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban melaksanakan pengukuhan, pembinaan dan pembekalan substansial maupun teknis bagi Penyuluh Agama Islam non PNS," papar Sahid.

Penyuluh Agama Islam, sambung Kakanmenag Tuban, merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam pelaksanaan tugasnya membimbing umat dan mengembangkan visi misi Kementerian Agama. Yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, sejahtera lahir batin. Selain itu menurut Kepala Kantor, penyuluh mempunyai fungsi edukatif, informatif, konsultatif dan advokatif.

"Ada 8 klasifikasi tugas penyuluh. Yakni menangani kemasjidan, kerukunan umat beragama, narkoba, zakat wakaf, produk halal, keluarga sakinah, radikalisme dan pengentasan buta huruf. Maka dari itu harus terus berkoordinasi, komunikasi, bersinergi antara penyuluh dengan kepala KUA, jangan lupa membuat laporan kegiatan 8 kali tiap bulan," ujarnya.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pembagian Surat Keputusan (SK) Penyuluh Non PNS yang diberikan secara simbolis oleh KakanKemenag Tuban. Juga pemaparan Materi Pembinaan oleh Kasi Bimas Islam, Moh. Qosim. [feb/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Kemenag, pengukuhan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more