Abrasi Air Laut di Tuban Semakin Parah, 4 Rumah Warga Bancar Rusak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Gelombang tinggi yang terjadi di perairan utara Tuban mengakibatkan empat rumah warga di Desa Margosuko, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban rusak terdampak abrasi pantai.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, keempat rumah warga yang berada di bibir pantai tersebut mengalami kerusakan ringan hingga sedang dengan kondisi dinding runtuh.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Yudi Irwanto menyampaikan, pada 30 Juni dan 6 Juli 2020 di Desa Margosuko, Kecamatan Bancar telah terjadi abrasi air laut atau banjir ROB yang mengakibatkan tanggul pembatas air laut roboh.

"Tanggul roboh sehingga mengakibatkan rumah milik warga yang berada disekitar pantai mengalami kerusakan. Tercatat ada 3 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak sedang," terang Yudi Irwanto, Selasa (7/7/2020).

Dia menuturkan, ke empat rumah warga yang rusak adalah milik Kasnaji (60), Siti Kundarsih (45), Luluk Ariana (38) dan Sanur (57) kesemuanya berada di Desa Margosuko, Kecamatan Bancar.

"Kerusakan sedang terjadi pada rumah Kasnaji," tandas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban. BPBD Kabupaten Tuban yang turun ke lokasi langsung melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Bancar dan Pemdes Margosuko. Selanjutnya, menginventarisir Kebutuhan dan Kerusakan akibat Banjir ROB, serta perlunya pembuatan tanggul darurat untuk mengantisipasi Banjir ROB susulan.

"Serta memberikan bantuan logistik Kepada Pemilik Rumah yang terdampak Bencana Banjir ROB untuk pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana," pungkas Yudi.[hud/ito]