Jelang Hari Raya Idul Adha, Sejumlah Kebutuhan Pokok Terpantau Naik

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Kabupaten Tuban terpantau mulai naik, jelang Hari Raya Idul Adha.

Berdasarkan pantauan blokTuban.com di Pasar Baru Tuban, Minggu(5/7/2020) harga cabai mulai mengalami kenaikan. Untuk cabai kriting sebelumnya Rp 12 ribu kini naik menjadi Rp 14 ribu perkilogram, cabai biasa sebelum Rp 17 ribu naik menjadi Rp 19 ribu perkilogram dan untuk cabai rawit naik Rp 5 ribu dari harga sebelumnya Rp 10 ribu perkilogram.

"Semua jenis cabai mengalami kenaikan,"ujar salah seorang pedagang cabai di Pasar Baru Tuban. Kartipah (50).

Tak hanya cabai yang mengalami kenaikan, harga daging ayam dan telur juga mengalami hal yang sama. Untuk satu kilogram daging ayam boiler dari Rp 35 ribu kini naik menjadi Rp 39 ribu, untuk daging ayam kampung dari Rp 64 ribu, kini naik menjadi Rp 67 ribu dan untuk telur ayam pertelur naik Rp 2000 ribu dari harga sebelumnya Rp 21 ribu.

"Mulai tanggal 1 Juli, harga telur mulai naik sedikit - sedikit," ujar pedagan telur. Romlah (37).

Sedangkan, untuk harga bawang merah dan bawang putih masih relatif stabil dalam sepekan terakhir ini. Untuk harga bawang merah Rp 29 ribu perkilogram dan untuk bawang putih Rp 14 ribu perkilogram.

"Untuk komoditas bawang- bawangan belum ada kenaikan,"tandasnya. [nid/ito]