20:00 . Ketum DPN PPDI dan PP PPDI Bakal Hadiri Acara Pelantikan di Tuban   |   19:00 . Daging BPNT Busuk, Sempat Dimasak KPM dan Dimuntahkan   |   18:00 . Terima Rekom PAN, Setiajit Siap Bertarung   |   17:00 . Korsleting Listrik, Kedai di Rest Area Tuban Terbakar   |   16:00 . Farida Hidayati Serahkan Kendaraan Pendukung Penanganan Covid-19   |   11:00 . Satpol PP Imbau Masyarakat Disiplin Pakai Masker, Kecuali Sedang ini...   |   10:00 . KPU Tuban Laksanakan PAW PPK Kecamatan Semanding   |   09:00 . Pemkab Janji Serap Masker dan APD Lokal   |   08:00 . Rawan Pohon Tumbang, Dua Pengendara Motor Jadi Korban   |   07:00 . Setop, Jangan Kulum Bibir untuk Ratakan Lipstik   |   21:00 . DPRD Tuban: Air Bengawan Solo Kembalikan Kejayaan Lumbung Pangan di Tuban Selatan   |   21:00 . Farida Hidayati Tinjau Lokasi Rencana Ketahanan Air di Tuban   |   20:00 . HUT RI Tahun Ini Terbatas, Tidak Ada Pawai Budaya dan Lomba   |   19:00 . Hari Ini, Kampanye Tuban Bermasker di Wilayah Ujung Selatan   |   18:00 . Fenomena Buat Video Tik-Tok di Traffic Light, Ini Imbuan Kasatlantas   |  
Thu, 13 August 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 04 July 2020 12:00

7.015 Pekerja Seni Bisa Beraktifitas Lagi 24 Juli

7.015 Pekerja Seni Bisa Beraktifitas Lagi 24 Juli

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kegalauan gabungan komunitas pekerja seni di Kabupaten Tuban selama empat bulan terakhir mendapat angin segar. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, Miyadi menjanjikan 7.015 pekerja seni bisa beraktifitas lagi mulai 24 Juli atau tanggal 1 Idul Adha.

Komunitas yang terlibat dalam hearing pada Sabtu (4/7/2020) di ruang paripurna DPRD diantaranya Dewan Kesenian Tuban, DPC PAMMI, DPC PAPRI, PSST, PEPADI, PARACUNDAKA, PSGT, Komunitas Wedding Organizer, Komunitas Panggung, PRANANITA, PRAMUGARI, Yayasan Sunan Bonang dan Asmoroqondo serta PHRI Tuban.

Amin Jaya, mewakili PHRI Tuban mengatakan, dunia pariwisata termasuk hotel, restoran, dan travel terpukul corona. Banyak juga karyawan dari hotel dan restoran ada yang di Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan diistirahatkan di rumah dengan gaji separoh hingga sepertiga.

"Ada tiga permintaan yaitu keringanan pajak hotel, bansos bagi karyawan hotel restoran, dan keringanan air PDAM," terang Amin di sela hearing.

Kondisi kesenian dan ekonomi kreatif menurut Ketua Dewan Kesenian Tuban, Joko Wahono tidak boleh berhenti. Selama 4 bulan terakhir para pekerja seni menganggur.

"DKT berharap Pemkab segera mengeluarkan payung hukum supaya aktifitas berjalan. Kondisi sekarang kucing-kucingan," imbuh Joko.

Joko menceritakan, belum adanya kepastian di tengah pandemi, ada salah satu dalang yang sampai menjual wayangnya. Pelaku seni tidak meminta bansos, melainkan payung hukum yang jelas.

Serupa yang disampaikan Rafi mewakili pekerja seni di Tuban. Untuk bertahan hidup banyak yang menjual motor dan memulai bisnis kecil-kecilan. Sebagian mengajak demo, tapi lainnya memilih cara elegan dalam menyampaikan aspirasi.

"Dari 7.015 pelaku seni 85 persennya sudah berumah tangga. Mereka butuh hidup dan kami minta diberi peluang untuk bekerja lagi," sambungnya.

Merespon aspirasi pekerja seni, Sekretaris Daerah Tuban, Budi Wiyana menegaskan keinginan Pemkab sebenarnya ekonomi dan penanganan Corona beriringan. SOP dan payung hukum sedang disiapkan. Sekaligus butuh masukan atau aspirasi dari pelaku seni, diyakini pelaksanaan mudah.

Untuk pajak hotel sebenarnya yang bayar yang menginap. Sederhanya begitu, bukan dari sisi pengelola hotel. Air minum PDAM jufa atas dasar pembayaran relatif yang tidak besar.

"Bansos skema sudah ada. Sasaran ada di data Pemkab, dan tidak mungkin tumpang tindih. Baik yang kesejahteraan rendah ataupun terdampak," terang birokrat asal Nganjuk.

Draf akan difinalisasi menjadi payung hukum, bisa dalam bentuk Surat Edaran (SE) atau lainnya. Dalam regulasi itu akan mengatur sektor, termasuk ekonomi harus berjalan di era kenormalan baru.

Begitupula hajatan di desa akan dimonitor oleh TNI-Polri dan Camat. Proses Bansos sudah jelas, Pemkab memiliki banyak skema mulai sembako murah hingga ada BLT desa. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pelaku seni, kesenian, seniman, komunitas



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more