18:00 . Peduli Pendidikan, SIG Bangun Fasilitas Sekolah   |   07:00 . 7 Tanda Seseorang Menyukai Kita yang Sering Tak Disadari   |   17:00 . Final, Rekom PAN untuk Setiajit   |   15:00 . Dinsos Bersama Suppliyer Perketat Pengawasan Produk Lokal   |   13:00 . DPD PPDI Tuban Dikukuhkan   |   12:00 . BUMD RSM Libatkan Peternak Lokal Suplai Daging BPNT   |   11:00 . Tak Punya Kuota Internet, PC Ansor Tuban Siapkan WiFi Gratis untuk Anak Sekolah   |   10:00 . Hari Pramuka ke-59, Kwaran Pramuka Montong Upacara di Api Abadi Maindu   |   09:00 . Mulai 18 Agustus, SMA-SMK Uji Coba Tatap Muka   |   08:00 . Kapolsek Sebut Kasus Daging Busuk BPNT Bisa Diproses Hukum   |   07:00 . Mengapa Stres Bisa Sebabkan Berat Badan Turun?   |   20:00 . Dirjen Bimas Budha Kemenag: Tempat Ibadah Jangan Ditutup   |   19:00 . Pemerintah Anggarkan Rp3,8 Triliun untuk Pulihkan Sektor Pariwisata   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG di Tuban Meningkat Saat Adaptasi Kebiasaan Baru   |   17:00 . Daging BPNT Busuk Diganti Layak Konsumsi   |  
Sun, 16 August 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 01 July 2020 14:00

Jelang Idul Adha, Kemenag Keluarkan Tata Cara dan Penyembelihan Kurban

Jelang Idul Adha, Kemenag Keluarkan Tata Cara dan Penyembelihan Kurban

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Jelang pelaksanaan hari raya Idul Adha di tahun 2020, Kementrian Agam (Kemenag) Kabupaten Tuban terapkan tata cara berkurban dan penyembelihan hewan sesuai protokol kesehatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, perayaan idul Adha tahun ini dipastikan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, dalam masa pandemi ini panitia kurban wajib menerapkan protokol kesehatan. Sesuai dengan surat edaran yang di keluarkan Setjen Kementerian Agama RI  SE No. 31 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Penyembelihan Hewan Dan Kehalalan Daging Kurban Dalam Situasi Covid-19.

"Kami intrusikan kepada para jajaran untuk melakukan sosialisasi penyuluhan dan perluasan informasi mengenai tata cara berkurban dan penyembelihan hewan kurban,” ujar Sahid. Rabu,(1/7/2020).

Ia menjelaskan, pemotongan hewan kurban harus sesuai syariat agama Islam serta menerapkan protokol kesehatan di masa Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah meliputi, jaga jarak fisik yaitu mengatur kepadatan dengan membatasi jumlah panitia dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Penerapan higiene personal yaitu, setiap orang harus menggunakan alat pelindung diri paling kurang menggunakan masker sejak perjalanan dari rumah dan selama difasilitas pemotongan.

"Pemeriksaan kesehatan awal yaitu, melakukan pengukuran suhu tubuh di setiap pintu masuk tempat pemotongan dengan alat pengukur suhu non-constant oleh petugas dengan memakai alat pelindung diri,"imbuhnya.

Lebih lanjut, untuk penerapan higiene dan sanitasi yaitu, menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun cair atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol paling kurang 70% di setiap akses masuk atau tempat yang mudah dijangkau.

"Juga melakukan pembersihan desain reaksi terhadap peralatan sebelum dan setelah digunakan serta selalu memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis,"tuturnya.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, Moh. Qosim mengatakan, pihaknya sudah menindak lanjuti SE tersebut dan meneruskan kepada Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF), Penyuluh Agama Islam non PNS se kabupaten Tuban.  Untuk mensosialisasikan kepada para takmir masjid dan musholla yang menerima, menyembelih dan menyalurkan daging hewan kurban di wilayah masing masing agar dipedomani.

“Di dalam SE tersebut juga di sebutkan tata cara penyembelihan hewan kurban, rukun menyembelih, hal-hal yang makruh dalam penyembelihan hewan kurban, jenis dan persyaratan hewan kurban, waktu penyembelihan, sunnah sewaktu menyembelih hewan kurban dan prinsip kesejahteraan hewan,” tandasnya. [nid/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kemenag, tuban, kurban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more