17:00 . Curi Motor di Tuban, Dua Penadah Asal Banyuwangi Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Nyaris Merembet ke Bengkel   |   15:00 . Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya   |   12:00 . Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos   |   08:00 . Bigini Landskap Media Digital di Indonesia Versi AMSI   |   07:00 . Lebih Baik Minum Air Panas saat Cuaca Panas, Ini Sebabnya!   |   18:00 . Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19   |   17:00 . Warga Merakurak Meninggal Usai Pesta Miras di Jenu   |   16:00 . Simak Jadwal Dispensasi Perpanjang SIM Yang Habis Masa Berlakunya Saat PPKM   |   15:00 . FPKB DPRD Kritik Kebijakan Bupati Pangkas Anggaran KONI   |   14:00 . Hati-hati Calo Plasma Sudah Berkeliaran di Tuban   |   13:00 . Anggaran KONI Dikepras, FPKB Teriak   |   12:00 . Ringankan Beban Warga, Lapas Salurkan 50 Paket Sembako   |   11:00 . Sidak Bansos, Bupati Sorot Kinerja Pendamping, Agen hingga Supplier   |   09:00 . Kapolda Jateng Ajak Warga Pergerakan Jalan Bareng   |  
Sat, 31 July 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Waspada Corona, Jangan Panik

Habis Dijemur Dua Jam, 59 Warga Diberi Masker

bloktuban.com | Monday, 29 June 2020 13:00

Habis Dijemur Dua Jam, 59 Warga Diberi Masker

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Forkopimka Jenu hari ini Senin (29/6/2020) menggelar razia warga yang tidak memakai masker. Ada 59 orang yang terjaring. Mereka langsung digiring ke halaman Mapolsek Jenu.

Camat Jenu, Moh. Maftuchin Riza yang ikut dalam razia masker menjelaskan warga yang kedapatan tak menggunakan masker disuruh berjemur hingga operasi selesai.

"Hukumannya berjemur biar sehat dan bebas dari virus Corona. Karena dengan vitamin D yang cukup, maka daya imun masyarakat ikut meningkat," terang Camat Riza usai razia.

Mereka yang terjaring razia rata-rata berjemur dua jam untuk yang awal. Sedangkan warga yang terakhir terjaring berjemur sekitar satu jam kurang sedikit. Secara keseluruhan razia berlangsung 1 jam lebih 15 menit.

"Trus kita ikut berjemur dengan memberikan pengarahan sekitar 35 menit lanjut pembagian masker 10 menitan," imbuh mantan Camat Bangilan.

Dalam arahannya, Forkopimka Jenu mewanti-wanti masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah, dan tetap berprilaku hidup bersih dan sehat.

Tak kalah pentingnya sesering mungkin cuci tangan pakai sabun di air mengalir, dan physical Distancing (jaga jarak). Tak hanya diberi arahan, selepas berjemur juga diberikan masker gratis dan di perkenankan pulang.

Diantara tujuan operasi ini yaitu membiasakan masyarakat menuju era new normal. Karena sesuai arahan Presiden Jokowi, warga Indonesia harus berdamai dengan corona.

Kewajiban menggunakan masker dalam rangka pencegahan Covid-19, telah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Tuban Nomor 19 tahun 2020. Regulasi ini keluar setelah ada 11 kasus positif Covid-19 di Bumi Wali.

Beberapa pasal yang perlu dicermati yaitu di pasal 5, dimana setiap orang yang melakukan aktivitas di luar rumah wajib menggunakan masker. Tak hanya itu, pasal 6 juga mewajibkan pelaku usaha yang mejalankan usahanya wajib membuat dan memasang tanda penggunaan masker.

Selain itu, memberi teguran dan peringatan kepada orang yang tidak menggunakan masker saat berkunjung ke lokasi usahanya. Terakhir tidak memperkenankan pengunjung masuk ke tempat usaha apabila tidak menggunakan masker.

"Kewajiban ini juga berlaku bagi pimpinan perangkat daerah/intansi vertikal dan lembaga swasta di daerah," tulis Perbup itu yang diterima blokTuban.com.

Masuk ke pasal 8 sanksi administratif. Bupati berwenang mengenakan sanksi kepada orang yang melanggar pasal 5 dan tempat usaha maupun intansi yang melanggar pasal 6.

Sanksi lebih dirinci dalam pasal 8 ayat (2), mulai dari teguran lisan, tertulis, pembinaan, penutupan tempat usaha sementara selama Covid-19, hingga sanksi lain sesuai peraturan perundang-undangan. [ali/ito]

Tag : waspada, corona, tuban, razia, masker

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat