Rekor Lagi, Ada 12 Kasus Positif Baru

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tuban memecahkan rekor lagi. Ada 12 kasus baru yang dirilis pada Sabtu (27/6) oleh tim gugus tugas. Angka ini lebih sedikit dibanding lonjakan sebelumnya yaitu 17 kasus dalam sehari.

Secara kumulatif saat ini 100 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban. "Penambahan hari ini terbanyak dari Klaster Pasar Leran Wetan yaitu berjumlah 7 orang, selebihnya ada penambahan dari beberapa Kecamatan." ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, Minggu (28/6/2020).

Selain 7 orang tanpa gejala tersebut, pasien konfirmasi positif hari ini sebelumnya berstatus PDP yaitu sebanyak 4 orang dan 1 orang lainnya perempuan dalam kondisi hamil.

Penambahan konfirmasi positif hari ini setelah keluarnya hasil Tes RT-PCR oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya.

Rinciannya dari klaster Pasar Leran Wetan bertambah 7 orang yaitu Laki-laki 27, 44 dan 53 Tahun serta Perempuan 16, 18, 34 dan 46 Tahun. Kesemuanya asal Kecamatan Palang.

Sedangkan pasien terkonfirmasi positif dari PDP adalah laki-laki (53) asal Semanding, perempuan (56) asal Bancar, laki-laki (69) asal Tuban dan laki-laki (55) asal Soko, serta satu Perempuan (32) dalam Kondisi Hamil dari Kecamatan Rengel.

"Hari ini juga ada satu pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh yaitu Laki-laki (29) asal Kecamatan Montong," terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini.

Untuk PDP hari ini juga ada penambahan 5 pasien yaitu Perempuan (53) asal Merakurak, Perempuan (57) asal Palang, perempuan (43) asal Montong, Laki-laki (48) asal  Semanding dan Perempuan (68) asal Palang. Dan 1 PDP meninggal dunia adalah Laki-laki (55) asal Bangilan.

Menanggapi adanya penambahan kasus konfirmasi positif baru yang cukup signifikan hari ini, Endah Nurul kembali mengajak semua masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan, terutama di tempat yang memungkinkan berjumpa banyak orang seperti pasar, pusat perbelanjaan, tempat kerja dan yang lainnya.

"Untuk saat ini yang harus dilakukan adalah selalu  melaksanakan protokol kesehatan yang ada dengan baik dan disiplin," serunya.

Peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tgl 27/06/2020 hingga pukul 18.00 WIB jumlah kumulatif ODP sebanyak 654 orang dengan keterangan sebanyak 423 orang selesai pemantauan dan 31 orang masih dalam pemantauan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 98 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 55 orang sembuh, 17 orang meninggal dunia, dan sisanya masih dalam pengawasan sebanyak 26 orang.

Untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 100 orang, terdiri dari 36 orang sembuh, 7 orang meninggal dunia, serta 57 orang dalam perawatan dan isolasi. [ali/col]