Paguyuban Becak Sunan Bonang Beroperasi Sesuai Aturan Pemkab

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan mulai membuka kembali obyek wisata pada bulan Agustus 2020 mendatang. Di antara obyek wisata tersebut adalah Makam Sunan Bonang Tuban.

Terkait rencana itu, Paguyuban Abang Becak Wisata Sunan Bonang Tuban akan mengikuti aturan Pemkab Tuban kapan bisa beroperasi mengangkut para peziarah.

"Kita nurut perintah saja, sementara belum ada info dari pihak terkait kapan mulai dibukanya parkiran Wisata Sunan Bonang Kebonsari mas," terang Ketua Paguyuban Abang Becak Wisata Sunan Bonang, Fakhrudin, Kamis (25/6/2020).

Dia juga berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Sebab, akibat pandemi ini wisata religi Makam Sunan Bonang ditutup sementara untuk mencegah penyebaran Covid-19, sehingga abang becak harus memutar otak demi memenuhi kebutuhan keluarga.

"Para abang becak banyak yang masih becak di perempatan dan pertigaan di Kota Tuban, disamping itu masih banyak yang membutuhkan uluran tangan para dermawan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Suwanto mengatakan, Pemkab Tuban berencana membuka kembali tempat wisata di Kabupaten Tuban pada bulan Agustus 2020 ini. 

"Rencananya pada tanggal 23 Agustus 2020," ungkap Suwanto.

Dia menjelaskan, meski nantinya dibuka kembali, tentunya pengelola harus mempersiapkan protokol kesehatan. Seperti halnya memberikan aturan wajib memakai masker bagi pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak.

"Nantinya ada beberapa protokol kesehatan yang wajib ditaati baik untuk pengelolaan wisata, karyawan maupun pengunjung," pungkasnya.[hud/col]