Komisi III DPR RI, Apresiasi Launching 20 KTS Polres Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komisi III DPR RI, Wihadi Wiyanto mengapresiasi pelaksanaan  launcing 20 Kampung Tangguh Semeru (KTS) Polres Tuban di Dusun Purwosari, Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Kamis (25/6/2020).

Apresiasi Wihadi atas penanganan dan penanggulangan penyebaran covid-19 di Bumi Wali dalam penanganannya tidak penerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menurutnya, upaya penanggulangan Forkopimda ini harus apresiasi bersama.

Kendati begitu, dia mengajak daerah agar dapat meningkatkan upaya bersama memutus mata rantai Covid-19. Salah satunya dengan dibentuknya 20 KTS sebagai penyeimbang atau balance ketahanan penanggulangan virus di desa, kecamatan, daerah dan Satgas Covid-19 bersinergi bersama TNI-Polri.

"Bencana Nasional non Alam Ini menjadi kesadaran bersama pemerintahan daerah dengan masyarakat dan TNI-Polri dalam upaya menangani Covid-19, mengingat bencana ini telah menyebabkan tatanan kehidupan berubah utamanya masyarakat perkotaan seperti DKI, Surabaya Jatim,” kata Wihadi.

Dia menambahkan, dalam launcing ke 20 KTS Polres Tuban ini, Senator Senayan Jakarta asal Daerah Pilihan Jatim IX itu mengatakan, bahwa DPR RI telah menginisiasi atas terbentuknya Satgas penanganan Covid-19 di daerah-daerah.

"Terbentuknya Satgas Covid-19 daerah merupakan inisiasi DPR RI lintas fraksi partai. Kebetulan daerah Tuban-Bojonegoro kami diberikan mandat mulai sosialisasi pemberian APD kepada Pemkab dan masyarakat sebagai upaya dukungan DPR RI dalam rangka memutus mata rantai dan penanggulangan pandemi Covid-19," jelasnya.
      
Politisi Partai Gerindra itu meminta masyarakat untuk beradaptasi akan perubahan tatahan kehidupan baru atau New Normal yang sudah mulai diterapkan di daerah-daerah tertentu. Bila merujuk peta kurva penyebaran virus mulai menunjukkan angka penurunan signifikan di wilayah tersebut.

“Kami harap masyarakat Tuban juga memulai kehidupan New normal dengan aktifitas keseharian penerapan pola hidup sehat bersih serta meningkatkan imunitas tubuh serta menjaga kesehatan," pungkasnya.

Diketahui, hadir dalam launcing ke 20 KTS di Desa Sugihan, Bupati Tuban H. Fathul Huda, Kapolres Tuban,m AKBP Ruruh Wicaksono, Kasdim 0811 Tuban Mayor Arh Teguh Prasetyo Wasis, Ketua DPRD Tuban M Miyadi, Dinas Kesehatan, Forkopimka dan Kades beserta relawan KTS Kecamatan Jatirogo.[hud/ito]