Muskab AKD IV Dibuka, Pemkab Berpesan Netral di Pilkada

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Asosiasi Kepala Desa (AKD) di Kabupaten Tuban hari ini Rabu (24/6/2020) menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) IV di salah satu hotel di Kecamatan Jenu. Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Desa dan Keluarga Berencana (PMD & KB), Nurjanah.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Muskab, Suhadi mengatakan acara ini merupakan tindaklanjut pertemuan tanggal 10 Juni 2020 kemarin. Pengurus AKD sepakat memaksakan diri bergerak dan memberanikan untuk berkumpul menggelar Muskab.

"Di forum ini akan diambil keputusan penting salah satunya ketua," terang Suhadi.

Ketua AKD Tuban Warsito, menambahkan dalam berorganisasi AKD untuk mengawal kemandirian dan kesejahteraan desa. Sesuai dengan situasi dan kondisi lokal desa.

AKD dan Perkumpulan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) bersatu. Forum Muskab ini tertinggi dan tidak ada jarak untuk saling mendukung antara AKD dan Papdesi.

"Papdesi sifatnya nasional dan AKD tingkat Jatim," terangnya.

Kepala Desa Sugihan, Kecamatan Merakurak juga meminta Pemkab dalam hal ini Dinas PMD dan KB jika hendak menerbitkan peraturan untuk mengajak sharing kepala desa.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD dan KB, Nurjannah mengakui apa yang dirasakan masyarakat desa saat ini luar biasa. Reorganisasi ini sangat perlu untuk penyegaran.

"Di Pilkada kami juga harapkan menjaga kondusifitas masyarakat dan netral," pesan mantan Kepala Dinsos.

Usai dibuka, Ketua Panitia Muskab, Suhadi langsung memimpin sidang pembahasan tatib hingga pemilihan ketua. [ali/ito]