17:00 . KPU Tuban Optimis Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020 Tetap Tinggi   |   16:00 . Tracing Lanjutan Lima Orang Positif Corona   |   15:00 . Perkiraan Gelombang Laut, untuk Lima Hari ke Depan   |   14:00 . Jelang Hari Raya Idul Adha, Sejumlah Kebutuhan Pokok Terpantau Naik   |   13:00 . ´╗┐Siapkan 20.000 Rapid Test Gratis Bagi Peserta UTBK Kurang Mampu   |   12:00 . Giat Cipkon, Tak Pakai Masker Langsung Ditindak   |   10:00 . Dahan Pohon Patah Usai Diserempet Truk, Satu Sepeda Motor Rusak   |   08:00 . Patroli Gabungan Skala Besar, Sasar Warkop, Kafe hingga Lokasi Balap Liar   |   21:00 . Sehari Ada Tambahan 7 Kasus Positif Baru   |   20:00 . Pengendara Motor Tabrak Pohon Hingga Meninggal Dunia   |   12:00 . 7.015 Pekerja Seni Bisa Beraktifitas Lagi 24 Juli   |   09:00 . Ponpes Langitan Siap Sambut New Normal   |   08:00 . Tambah Dua Perempuan Positif, Kasus Corona di Tuban Belum Berhenti   |   07:00 . Demi Manfaat Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi   |   21:00 . Pesan Direktur Utama Pertamina EP pada MWT di PEP Asset 4 Poleng Field   |  
Sun, 05 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 24 June 2020 17:00

Jemi Tristantono, Wakil Ketua AKD Sekarang Pimpin Papdesi

Jemi Tristantono, Wakil Ketua AKD Sekarang Pimpin Papdesi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Jemi Tristantono yang dulunya wakil ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) sekarang terpilih menjadi ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten Tuban periode 2020-2025.

Kepala Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak ini menang telak dengan mengantongi 10 dukungan dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab) AKD IV di salah satu hotel di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu.

"Ini amanah dari peserta Muskab dan sebagai penyamaan persepsi teman-teman kepala desa," terang Jemi kepada blokTuban.com, Rabu (24/6/2020).

Untuk program ke depan, lanjut Jemi menegaskan Papdesi merupakan motor pemerintah. Sekaligus mitra seluruh stakeholder di kabupaten.

Komunikasi dengan Bupati maupun hearing dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), akan menjadi prioitas dalam hal kebijakan desa.

"Di Tuban ada 311 desa dan memiliki kepentingan masing-masing. Namanya motor itu juga butuh perawatan, tugas Papdesi akan mengakomodir dan disampaikan ke Bupati atau pimpinan OPD terkait," imbuh jebolan aktifis GMNI Tuban.

Jelang Pilkada, Jemi tidak memungkiri adanya kedekatan person dengan salah satu calon. Kendati demikian, jika secara profesi jabatan ada aturan yang melarang untuk berafiliasi dengan salah satu pasangan calon.

"Secara personal silahkan tapi Papdesi tidak ada upaya mengarahkan kemana," tegasnya.

Salah satu yang akan dilakukan Papdesi dalam waktu dekat yaitu komunikasi Siltap kepala desa. Kalau Kabupaten Lamongan bisa mencairkan, tentu Tuban harus bisa melihat jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) lebih besar.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPD Papdesi Jawa Timur, Supratman mengapreasiai kepala desa di Kabupaten Tuban yang sudi meleburkan diri dari AKD ke Papdesi. Peleburan ini semoga menjadi tonggak sejarah baru untuk mempertahankan keberadaan Undang-undang (UU) desa.

"Pengurus Papdesi yang baru dibentuk kami harapkan melanjutkan program baik sekaligus mengevaluasi kegiatan AKD. Selain itu bisa lebih maju dalam hal membangun masyarakat desa," sambung pria asal Kabupaten Lamongan.

Salah satu alasan peleburan AKD ke Papdesi, lanjut Ketua AKD Tuban, Warsito karena kepengurusan AKD di tingkat Jawa Timur fakum. Dengan komunikasi apik dan panjang, seluruh kepala desa rela untuk dilebur.

Muskab AKD IV ini terakhir. Dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (PMD & KB) Tuban, Nurjannah. [ali/ ]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : akd, papdesi, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more