Ombak Besar, BPBD Kesulitan Melakukan Pencarian Nelayan Yang Hilang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan pencarian terhadap Sariyan (47) nelayan asal Dusun Meduran, Desa Beji, Kecamatan Jenu yang hilang saat melaut.

Dibantu nelayan setempat, pencarian nelayan tersebut mulai dilakukan sekitar pukul 09.30 WIB. Meski begitu, hingga siang hari pencarian nelayan tersebut belum membuahkan hasil.

"Hingga saat ini belum ada tanda-tanda nelayan tersebut ditemukan," terang Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tuban, Taufiq, Selasa (23/6/2020).

Taufiq menambahkan, menurut keterangan para nelayan lain jarak ditemukanya kapal nelayan itu sekitar 6 Mil. Meski telah dilakukan penyisiran, hingga saat ini nelayan tersebut belum ditemukan lantaran kondisi ombak besar.

"Sementara ini, kesulitan pencarian nelayan tersebut karena ombak besar. Tapi BPBD akan tetap melakukan upaya pencarian sampai ketemu," tandas Taufiq.

Sementara itu, Ketua Rukun Nelayan dusun setempat Muzamil (45) menuturkan, menurut informasi dari nelayan yang membawa menepi kapal milik Sariyan. Kapal tersebut ditemukan sudah dalam keadaan kosong.

"Waktu ditemukan kapal milik Sariyan dalam keadaan kosong dan masih utuh, sehingga dibawa menepi," kata Muzamil.

Selanjutnya, Muzamil yang mendapatkan melaporkan kejadian itu kemudian langsung melaporkan kepada BPBD Kabupaten Tuban untuk melakukan pencarian dan hingga saat ini pencarian masih berlanjut.

Diberitakan sebelumnya, nelayan berusia 47 tahun tersebut dikabarkan hilang saat melaut. Korban dimungkinkan tenggelam lantaran kondisi kapal ditemukan dalam kondisi utuh dan terombang-ambing ombak yang saat ini besar.[hud/ito]