17:00 . KPU Tuban Optimis Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020 Tetap Tinggi   |   16:00 . Tracing Lanjutan Lima Orang Positif Corona   |   15:00 . Perkiraan Gelombang Laut, untuk Lima Hari ke Depan   |   14:00 . Jelang Hari Raya Idul Adha, Sejumlah Kebutuhan Pokok Terpantau Naik   |   13:00 . ´╗┐Siapkan 20.000 Rapid Test Gratis Bagi Peserta UTBK Kurang Mampu   |   12:00 . Giat Cipkon, Tak Pakai Masker Langsung Ditindak   |   10:00 . Dahan Pohon Patah Usai Diserempet Truk, Satu Sepeda Motor Rusak   |   08:00 . Patroli Gabungan Skala Besar, Sasar Warkop, Kafe hingga Lokasi Balap Liar   |   21:00 . Sehari Ada Tambahan 7 Kasus Positif Baru   |   20:00 . Pengendara Motor Tabrak Pohon Hingga Meninggal Dunia   |   12:00 . 7.015 Pekerja Seni Bisa Beraktifitas Lagi 24 Juli   |   09:00 . Ponpes Langitan Siap Sambut New Normal   |   08:00 . Tambah Dua Perempuan Positif, Kasus Corona di Tuban Belum Berhenti   |   07:00 . Demi Manfaat Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi   |   21:00 . Pesan Direktur Utama Pertamina EP pada MWT di PEP Asset 4 Poleng Field   |  
Mon, 06 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 21 June 2020 08:00

New Normal, Disparbudpora Siapakan Protokol Kesehatan untuk Wisata

New Normal, Disparbudpora Siapakan Protokol Kesehatan untuk Wisata

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Jelang new normal, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban menyiapkan Standar Operasi Prosedur (SOP) bagi tempat wisata.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Disparbudpora Kabupaten Tuban, Suwanto mengatakan, akan ada beberapa hal yang wajib dipatuhi bagi pengunjung, karyawan, pedagang atau pun pengelolaan tempat wisata, saat tempat wisata kembali dibuka.

"SOP sedang ditinjau bupati untuk mendapatkan persetujuan, semua destinasi kita minta untuk mempersiapkan dan memberlakukan SOP nantinya," katanya.

Peraturan tersebut diantaranya bagi pengunjung wajib memakai masker, Wajib mencuci tangan sebelum masuk, wajib membawa handsanitizer dan menjaga jarak dengan pengunjung lain.

"Segera melapor ke petugas apabila melihat atau mengalami gejala sakit," ujarnya.

Sedangkan bagi pedagang, akan tersedia stand khusus bagi pedagang kuliner, tempat jualan tidak gelap dan lembab, memastikan semua produk higienis, menyiapkan tempat cuci tangan dan lapak pedagang diatur 1.5 meter antara pedagang satu dan lainnya.

"Jarak pembeli satu dan lainnya juga di tata, jangan sampai bergerombol," imbuhnya.

Untuk pengelolaan tempat wisata, juga harus menyediakan tempat cuci tangan, menyiapkan petugas untuk mengukur suhu tubuh, menyediakan handsenitazer di berbagai tempat strategis, mengatur jarak pengunjung.

"Menyediakan alat - alat pelindung diri untuk karyawan seperti, masker dan sarung tangan," tuturnya.

Lebih lanjut, pengaturan jam kerja tidak terlalu panjang, memasang tanda jarak di depan loket, kantin dan mushola. Menyediakan ruangan kesehatan, menyediakan ruangan olahraga untuk berjemur karyawan, Menyemprot fasilitas wisata secara berkala dengan disinfektan dan bekerjasama dengan puskesmas atau rumah sakit untuk tempat rujukan.

"Jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 50 % dari kapasitas tempat wisata," papar.

Disinggung mengenai kapan akan dibuka kembali destinasi wisata Tuban setelah tutup selama 3 bulan terakhir ini, ia menjelaskan, untuk membuka obyek wisata masih menunggu surat edaran dari pusat, provinsi dan persetujuan dari gugus covid-19 Kabupaten Tuban.

"Mohon doanya agar pandemi ini segera teratasi, dan destinasi wisata dapat dibuka kembali,"tandasnya. [nid/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : wisata, new normal, wisata tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more