19:00 . MPC Pemuda Pancasila Tuban Siap Kawal Pemungutan Suara   |   15:00 . Hujan Deras 9 Desa di 3 Kecamatan Banjir   |   12:00 . Ajak Warga Singgahan Disiplin Terapkan Pola Hidup Baru   |   09:00 . Operasi Sukowati Field Menuju Zero Emisi   |   07:00 . 10 Tips Menggunakan Media Sosial Saat Melamar Pekerjaan   |   22:00 . Amsi Kembali Gelar Indonesian Digital Conference 2020.   |   18:00 . Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 0811 Gelar Donor Darah   |   17:00 . Panyuran Diterjang Banjir, Warga Pasang Sak Pasir Halau Air   |   16:00 . Jelang Pilkada, Kapolres Tuban Tinjau Kesiapan Personel   |   15:00 . BPS Deklarasikan Zona Integritas WBK   |   10:00 . Awal Desember, Jumlah Terkonfirmasi Positif di Tuban Capai 22 Orang   |   09:00 . Erupsi Semeru, Bright Gas Hadir di Dapur Umum Dinsos Lumajang   |   08:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   07:00 . Hindari, 14 Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Menghambat Karier   |   18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |  
Sun, 06 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 10 June 2020 16:00

Tabur Uang Koin, Tradisi Sedekah Bumi di Tengah Pandemi

Tabur Uang Koin, Tradisi Sedekah Bumi di Tengah Pandemi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meriah, begitulah yang nampak di Wana Wisata Pemandian Air Panas Prataan di Dusun Prataan, Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, pada Rabu (10/6/2020) sekitar pukul 07.00 WIB pagi.

Wana Wisata yang masih ditutup sementara dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 itu kembali ramai, lantaran warga mengelar rangkaian sedekah bumi dan memanjatkan doa bersama sebagai wujud syukur limpahan hasil panen selama satu tahun ini.

Ratusan warga baik usia dewasa hingga anak-anak itu datang lebih awal ke lokasi pemandian bukan untuk berlibur atau mandi di kolam Air Panas yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Akan tetapi, mereka berniat datang dengan membawa Ayam Panggang dan berbagai makanan khas lainnya untuk mengikuti tradisi tabur uang koin sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan panen tahun ini.

Salah satu warga, Sarpin mengaku, tradisi sedekah bumi ini tetap dilakukan meski di tengah pandemi Covid-19. Sebab, ini merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang dalam rangka mensyukuri hasil panen yang melimpah.

"Sedekah Bumi ini merupakan wujud syukur kami kepada Allah atas hasil panen tahun ini," terang Sarpin usai mengikuti acara sedekah bumi.

Terpisah, Koordinator Pengelola Wana Wisata Prataan, Darmuko menyampaikan hal senada dengan Sarpin. Menurutnya, selain sebagai wujud syukur atas hasil panen tahun ini dalam acara sedekah bumi ini juga meminta keberkahan dan keselamatan di tengah pandemi covid-19 ini.

Darmuko berharap, sedekah bumi yang diisi dengan beberapa acara ini bisa dilestarikan setiap tahun dan menjadi bagian ikon objek Wana Wisata Pemandian Air Panas Prataan. Sebab, ada momen menarik yang dirangkai dalam kegiatan tahunan ini, yaitu menabur uang koin.

Adapun maksud dari menabur uang koin itu adalah sebagai bentuk rasa syukur serta berbagi kepada anak-anak atas limpahan nikmat yang diberikan Allah selama. 

"Setiap tahun, sedekah bumi ini ada momen yang menarik. Salah satunnya adalah menabur uang koin yang kemudian menjadi rebutan anak-anak," jelas pria ramah tersebut.

Usai menabur uang koin, acara sedekah bumi yang juga dihadiri Kepala Desa Wukirharjo, Karsono tersebut dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh tokoh agama setempat dan dilanjutkan dengan makan tumpeng serta makanan lain yang dibawa warga. [hud/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Tradisi, budaya, adat, seni, kesenian



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more