19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |   12:00 . Terkendala Stok, Vaksinasi di Tuban Masih Kurang dari 30 Persen   |   09:00 . Berikutnya, Penyakit yang Rawan Menjangkiti Kucing   |   07:00 . Kena Diabetes, Waspadai Hiperglikemia   |   21:00 . PBNU Putuskan Muktamar Digelar 23-25 Desember 2021   |   15:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat Nongkrong   |   12:00 . SMGR Terpilih Sebagai Outstanding Company 2021 Sektor Materials Dari Asiamoney   |   10:00 . Kanwil Kemenag Jatiim Wanti-Wanti Jangan Sampai Muncul Klaster Madrasah   |   09:00 . Tawarkan Pemandangan Kota Tuban, Kafe Ini Bisa Jadi Pilihan Tempat untuk Nongkrong   |   07:00 . Tergantung Keluhan yang Dialami Pasien, Pengobatan Nyeri Dibedakan Menjadi 3 Level   |   18:00 . 15 Tahun Jualan Pentol Goreng, Pria Klotok Pertahankan Kualitas Rasa   |  
Sun, 26 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tabur Uang Koin, Tradisi Sedekah Bumi di Tengah Pandemi

bloktuban.com | Wednesday, 10 June 2020 16:00

Tabur Uang Koin, Tradisi Sedekah Bumi di Tengah Pandemi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meriah, begitulah yang nampak di Wana Wisata Pemandian Air Panas Prataan di Dusun Prataan, Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, pada Rabu (10/6/2020) sekitar pukul 07.00 WIB pagi.

Wana Wisata yang masih ditutup sementara dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 itu kembali ramai, lantaran warga mengelar rangkaian sedekah bumi dan memanjatkan doa bersama sebagai wujud syukur limpahan hasil panen selama satu tahun ini.

Ratusan warga baik usia dewasa hingga anak-anak itu datang lebih awal ke lokasi pemandian bukan untuk berlibur atau mandi di kolam Air Panas yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Akan tetapi, mereka berniat datang dengan membawa Ayam Panggang dan berbagai makanan khas lainnya untuk mengikuti tradisi tabur uang koin sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan panen tahun ini.

Salah satu warga, Sarpin mengaku, tradisi sedekah bumi ini tetap dilakukan meski di tengah pandemi Covid-19. Sebab, ini merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang dalam rangka mensyukuri hasil panen yang melimpah.

"Sedekah Bumi ini merupakan wujud syukur kami kepada Allah atas hasil panen tahun ini," terang Sarpin usai mengikuti acara sedekah bumi.

Terpisah, Koordinator Pengelola Wana Wisata Prataan, Darmuko menyampaikan hal senada dengan Sarpin. Menurutnya, selain sebagai wujud syukur atas hasil panen tahun ini dalam acara sedekah bumi ini juga meminta keberkahan dan keselamatan di tengah pandemi covid-19 ini.

Darmuko berharap, sedekah bumi yang diisi dengan beberapa acara ini bisa dilestarikan setiap tahun dan menjadi bagian ikon objek Wana Wisata Pemandian Air Panas Prataan. Sebab, ada momen menarik yang dirangkai dalam kegiatan tahunan ini, yaitu menabur uang koin.

Adapun maksud dari menabur uang koin itu adalah sebagai bentuk rasa syukur serta berbagi kepada anak-anak atas limpahan nikmat yang diberikan Allah selama. 

"Setiap tahun, sedekah bumi ini ada momen yang menarik. Salah satunnya adalah menabur uang koin yang kemudian menjadi rebutan anak-anak," jelas pria ramah tersebut.

Usai menabur uang koin, acara sedekah bumi yang juga dihadiri Kepala Desa Wukirharjo, Karsono tersebut dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh tokoh agama setempat dan dilanjutkan dengan makan tumpeng serta makanan lain yang dibawa warga. [hud/rom]

Tag : Tradisi, budaya, adat, seni, kesenian



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more