18:00 . Bacabup dan Bacawabup AMAN Tandatangani Kontrak Jamiyah   |   17:00 . Dusun Makmur Nama Kontrak Politik Setia Negara   |   15:00 . Gubernur Khofifah Kucurkan Bantuan Rp1,524 M untuk Pemberdayaan Usaha Perempuan   |   13:00 . Hari Pertama Tes SKB CPNS di Tuban, Terapkan Protokol Kesehatan   |   12:00 . BST Tahap Enam, 30.820 KPM Dapat Rp300 Ribu   |   10:00 . Tertimpa Reruntuhan Besi Tower, Rumah Warga Panyuran Rusak   |   09:00 . Hipmi Dorong Pemerintah Beri Peluang Besar Pengusaha Lokal   |   08:00 . Gerindra Siap Kerahkan Kader Rebut Kemenangan Setia Negara   |   07:00 . Migrain, Apa Sih Ciri-Ciri dan Penyebabnya?   |   15:00 . Kembali Nahkodai BPC Hipmi Tuban, Prasetiya Bagus Komitmen Bimbing UMKM   |   14:00 . Blak-Blakan, Gabungnya De Anwar, dan Strategi Pemenangan Ana-Anwar   |   13:00 . BPC Hipmi Tuban Gelar Muscab ke II   |   11:00 . Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah   |   10:00 . Corona di Palang Tembus 52 Kasus, Semakin Banyak Warga Pakai Masker   |   07:00 . Mi Instan dan Nasi Putih, Mana yang Lebih Tinggi Kalorinya?   |  
Sun, 20 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 05 June 2020 17:00

Kemenag Tuban Awali Tugas Ukur Arah Kiblat

Kemenag Tuban Awali Tugas Ukur Arah Kiblat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Demi memenuhi permohonan pengukuran arah kiblat dari panitia pembangunan Masjid An-Nur Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban di hari pertama berlakunya Work From Office (WFH) telah terjun ke lapangan dalam rangka memenuhi permohonan tersebut, Jumat (5/6/2020).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan jika layanan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan umat dalam beribadah.

"Untuk mendapatkan layanan pengukuran arah kiblat, pihak pengurus masjid atau musala diminta mengajukan surat permohonan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Tuban, melalui petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)," ungkapnya.

Setelah surat itu diterima dan dipelajari, Kemenag akan menugaskan timnya di Penyelenggara Syari'ah. Kemudian  Penyelenggara Syari’ah  menugaskan tim pengukuran arah kiblat. Pada saat pengukuran arah kiblat dilakukan, pengurus masjid dan musala harus hadir  sebagai saksi dan pihak yang mengusulkan.

Ketua BHR Kabupaten Tuban, Mashari yang secara langsung ikut pengukuran arah kiblat ini  menambahkan, bahwa pengukuran arah kiblat ini harus segera dilaksanakan karena sangat mendesak.

"Sebentar lagi akan di mulai pembangunan masjid An-Nur, maka pengukuran arah kiblat ini harus segera dilaksanakan karena sangat mendesak," imbuhnya.

Sementara itu, menurut panitia pembangunan masjid, Sudarmani mengatakan, masyarakat setempat khususnya RT.04/RW.02 di lingkungan Ngesong, dusun Tlogonongko belum memiliki masjid sendiri. Masyarakat setempat jika sholat jumat masih harus ke dusun Tlogonongko yang jarak tempuhnya 1 km.
 
Pihakya berharap mudah-mudahan dengan akan dimulai pembangunan masjid di tempat ini masyarakat semakin giat dalam beribadah kepada Allah SWT. Selaku panitia, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim BHR Kabupaten Tuban atas bantuan pengukuran arah kiblat ini.

Adapun data hasil dari pengukuran arah kiblat Masjid AN-NUR adalah sebagai berikut :
Hari : Jumat
Tanggal : 5 Juni 2020
Jam : 08.00. Wib.
Lintang : 06° 57' 28.09" LS
Bujur : 111° 59' 38.70" BT

Berdasarkan rumus segitiga bola diketahui bahwa azimuth kiblat Masjid An-Nur Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding adalah :
a. 294° 08' 10.70" {Diukur dari titik utara sejati ke timur searah jarum jam}
b. 65° 51' 49.30" {Diukur dari titik utara ke barat}
c. 24° 08' 10.70" {Diukur dari titik barat ke utara}

Adapun jarak jauhnya lokasi hingga ke Ka'bah adalah 8474.62 Km.

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : new, normal, kemenag, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more