14:00 . Kerajinan Pelepah Pisang Tuban Diekspor ke Eropa   |   11:00 . Banser Tuban Satu Komando Ikuti Apel Kebangsaan Daring   |   10:00 . Ganjar Pranowo Turun Gunung Ajak Kader Banteng Menangkan Setia Negara   |   08:00 . Mas Safuan, Wartawan yang Tak Henti Menulis Itu Berpulang   |   14:00 . Presiden BEM Unirow Ajak Masyarakat Jangan Sepelekan Covid-19   |   13:00 . Semangat Perubahan Menuju Organisasi Modern, PSMTI Jatim Gelar Musprov IV   |   07:00 . Agar Anak Tetap Aktif, Ini Deretan Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Rumah   |   21:00 . Besok 43 Organisasi di Bojonegoro-Tuban Tanam Pohon Serentak   |   18:00 . Wartawan Senior Tuban Imam Suroso Tutup Usia   |   17:00 . Operasi Yustisi di Pelabuhan Bulu, 26 Pelanggar di Sanksi Denda   |   16:00 . Hijaukan Hutan, Kodim 0811 Tanam Sejuta Pohon   |   15:00 . JDIH Tuban Terbaik Kedua Nasional   |   14:00 . Tak Netral di Pilkada, ASN Terancam Diperingatkan hingga Pemecatan   |   13:00 . Bupati dan Bawaslu Tuban Teken Pengawasan Netralitas ASN   |   12:00 . Keluarga Pasien Istirahat Gelar Tikar di Teras IGD RSUD   |  
Sun, 29 November 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 05 June 2020 17:00

Kemenag Tuban Awali Tugas Ukur Arah Kiblat

Kemenag Tuban Awali Tugas Ukur Arah Kiblat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Demi memenuhi permohonan pengukuran arah kiblat dari panitia pembangunan Masjid An-Nur Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban di hari pertama berlakunya Work From Office (WFH) telah terjun ke lapangan dalam rangka memenuhi permohonan tersebut, Jumat (5/6/2020).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan jika layanan ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan umat dalam beribadah.

"Untuk mendapatkan layanan pengukuran arah kiblat, pihak pengurus masjid atau musala diminta mengajukan surat permohonan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Tuban, melalui petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)," ungkapnya.

Setelah surat itu diterima dan dipelajari, Kemenag akan menugaskan timnya di Penyelenggara Syari'ah. Kemudian  Penyelenggara Syari’ah  menugaskan tim pengukuran arah kiblat. Pada saat pengukuran arah kiblat dilakukan, pengurus masjid dan musala harus hadir  sebagai saksi dan pihak yang mengusulkan.

Ketua BHR Kabupaten Tuban, Mashari yang secara langsung ikut pengukuran arah kiblat ini  menambahkan, bahwa pengukuran arah kiblat ini harus segera dilaksanakan karena sangat mendesak.

"Sebentar lagi akan di mulai pembangunan masjid An-Nur, maka pengukuran arah kiblat ini harus segera dilaksanakan karena sangat mendesak," imbuhnya.

Sementara itu, menurut panitia pembangunan masjid, Sudarmani mengatakan, masyarakat setempat khususnya RT.04/RW.02 di lingkungan Ngesong, dusun Tlogonongko belum memiliki masjid sendiri. Masyarakat setempat jika sholat jumat masih harus ke dusun Tlogonongko yang jarak tempuhnya 1 km.
 
Pihakya berharap mudah-mudahan dengan akan dimulai pembangunan masjid di tempat ini masyarakat semakin giat dalam beribadah kepada Allah SWT. Selaku panitia, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim BHR Kabupaten Tuban atas bantuan pengukuran arah kiblat ini.

Adapun data hasil dari pengukuran arah kiblat Masjid AN-NUR adalah sebagai berikut :
Hari : Jumat
Tanggal : 5 Juni 2020
Jam : 08.00. Wib.
Lintang : 06° 57' 28.09" LS
Bujur : 111° 59' 38.70" BT

Berdasarkan rumus segitiga bola diketahui bahwa azimuth kiblat Masjid An-Nur Dusun Tlogonongko, Desa Jadi, Kecamatan Semanding adalah :
a. 294° 08' 10.70" {Diukur dari titik utara sejati ke timur searah jarum jam}
b. 65° 51' 49.30" {Diukur dari titik utara ke barat}
c. 24° 08' 10.70" {Diukur dari titik barat ke utara}

Adapun jarak jauhnya lokasi hingga ke Ka'bah adalah 8474.62 Km.

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : new, normal, kemenag, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more