Tes RT-PCR Dua Kali Negatif, Empat Pasien Positif Sembuh

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah beberapa hari ada penambahan konfirmasi positif covid-19, hari ini kabar gembira disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, empat pasien konfirmasi positif Covid-19 dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati menyatakan hari ini, Rabu (3/6/2020) terdapat empat pasien konfirmasi covid-19 yang sembuh, tiga dari klaster Tambakboyo dan satu dari klaster Ponpes Al Fatah Temboro Magetan.

"Dari hasil Tes RT-PCR yang dikeluarkan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, keempat pasien ini dinyatakan negatif pada dua kali pemeriksaan berturut-turut," jelasnya.

Adapun keempat pasien sembuh tersebut, Endah Nurul merinci, dari klaster Tambakboyo yaitu Perempuan 27, 50 dan 53 Tahun asal Kecamatan Tambakboyo. Sedangkan dari klaster Temboro yaitu Laki-laki 15 Tahun asal Kecamatan Palang.

“Alhamdulillah ada penambahan pasien konfirmasi covid-19 yang sembuh, semoga ini menjadi kabar gembira untuk kita semua, dan memberi semangat untuk pasien yang lain. Namun kewaspadaan harus tetap kita utamakan, kepada semua masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan," tuturnya.

Sementara itu, masih menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini. Dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masuk dalam data hari ini, ada panambahan satu PDP Baru dan satu PDP meninggal dunia.

PDP baru adalah perempuan (40 th) asal Kecamatan Widang dengan hasil rapid tes reaktif, sedangkan PDP meninggal dunia adalah Laki-laki (39 th) asal Kecamatan Rengel, almarhum sudah dimakamkan sesuai dengan Protokol Covid-19.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tgl 3/6/2020 hingga pukul 18.00 WIB jumlah kumulatif ODP sebanyak 634 orang dengan keterangan sebanyak 521 orang selesai pemantauan dan 113 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 65 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 29 orang sembuh, 16 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 20 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 51 orang, terdiri dari 8 orang sembuh, 3 orang meninggal dunia, dan 40 orang dalam perawatan/isolasi. [ali/ito]