22:00 . Diduga Curi Kotak Amal Masjid, Pria Asal Gresik Ditangkap Warga   |   17:00 . Guru Ahli dan Pembina PBG Tuban Ikuti Webinar Digital Library   |   16:00 . Rektor dan Pejabat Struktural IAI AL Hikmah Tuban Periode 2020-2025 Resmi Dilantik   |   15:00 . Paslon Bupati Golkar Sudah Dikunci, Koalisi Partai Belum Diumumkan   |   12:00 . Pemuda-pemudi Tuban Deklarasi Gerakan Tuban Masker   |   09:00 . Diduga Korsleting Listrik, Sebuah Rumah Terbakar¬†   |   08:00 . Seribu Tong Air dari Setiajit untuk Masyarakat   |   07:00 . Bersepeda Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui   |   20:00 . Lima Hari Kedepan, BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi   |   18:00 . Jelang Tahun Ajaran Baru, Kemenag Kunjungi MIN 2 Tuban   |   17:00 . Pertama di Indonesia, SIG Terapkan Teknik Reklamasi Sistem Alur   |   16:00 . Progress Recovery CPP Gundih On The Track   |   15:00 . PT. Merdeka Nusantara Klarifikasi Perusahaan GG Bukan Klaster Baru   |   14:00 . Dinsos PPPA Yakin Pelaku Pembuangan Bayi Alami Tekanan Psikologi Berat   |   13:00 . Versi Diskoperindag, Klaster GG Belum Tepat   |  
Sat, 11 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 02 June 2020 08:00

Tiga Hari ke Depan Gelombang Laut Tuban 1.25-2.5 Meter

Tiga Hari ke Depan Gelombang Laut Tuban 1.25-2.5 Meter

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini Selasa (2/6/2020) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi khususnya di laut Kabupaten Tuban. Berlaku tiga hari ke depan mulai 3-5 Juni 2020.

 

Peringatan ini berdasarkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan 3 - 20 knot. Sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan 3 - 25 Knot.

 

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Jawa, Laut Banda, dan Laut Arafuru. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

 

Tinggi gelombang 1.25 - 2.5 m (sedang) dapat terjadi di perairan Tuban-Lamongan, perairan Gresik-Surabaya, perairan Utara Madura, perairan Kep. Sapudi, S. Madura bagian. Timur.

 

Tinggi gelombang 2.5 - 4.0 m (tinggi) dapat terjadi di perairan Kalteng bagian timur perairan Kepuluan  Kangean, Laut  Jawa utara Bawean, perairan selatan Jatim, Laut Jawa selatan Bawean, Laut Jawa barat Masalembo, dan Laut Jawa timur Masalembo.

 

"Sedangkan tinggi gelombang 4.0 - 6.0 m (Sangat Tinggi) dapat terjadi di Samudra Hindia selatan Jatim," terang Prakirawan BMKG Maritim Surabaya, Ady Hermanto dalam siaran resmi yang diterima blokTuban.com.

 

Saran keselamatan, BMKG mohon diperhatikan resiko terhadap keselamatan pelayaran perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m). Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m)

 

Kapal Fiber (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.0 m). Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m)

 

"Kapal Ukuran Besar(Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m)," imbuh Ady.

 

Sebagai catatan keberadaan awan cumulo nimbus (Cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang.

 

"Adapun ketinggian gelombang diperkirakan berdasarkan gelombang signifikan, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," pungkasnya. [ali/ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : gelombanglaut, tuban, bmkg



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more