22:00 . Diduga Curi Kotak Amal Masjid, Pria Asal Gresik Ditangkap Warga   |   17:00 . Guru Ahli dan Pembina PBG Tuban Ikuti Webinar Digital Library   |   16:00 . Rektor dan Pejabat Struktural IAI AL Hikmah Tuban Periode 2020-2025 Resmi Dilantik   |   15:00 . Paslon Bupati Golkar Sudah Dikunci, Koalisi Partai Belum Diumumkan   |   12:00 . Pemuda-pemudi Tuban Deklarasi Gerakan Tuban Masker   |   09:00 . Diduga Korsleting Listrik, Sebuah Rumah Terbakar    |   08:00 . Seribu Tong Air dari Setiajit untuk Masyarakat   |   07:00 . Bersepeda Bisa Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui   |   20:00 . Lima Hari Kedepan, BMKG Peringatkan Waspada Gelombang Tinggi   |   18:00 . Jelang Tahun Ajaran Baru, Kemenag Kunjungi MIN 2 Tuban   |   17:00 . Pertama di Indonesia, SIG Terapkan Teknik Reklamasi Sistem Alur   |   16:00 . Progress Recovery CPP Gundih On The Track   |   15:00 . PT. Merdeka Nusantara Klarifikasi Perusahaan GG Bukan Klaster Baru   |   14:00 . Dinsos PPPA Yakin Pelaku Pembuangan Bayi Alami Tekanan Psikologi Berat   |   13:00 . Versi Diskoperindag, Klaster GG Belum Tepat   |  
Sat, 11 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 02 June 2020 18:00

Paripurna Pertama di Tengah Pandemi, ini yang Dibahas DPRD Tuban

Paripurna Pertama di Tengah Pandemi, ini yang Dibahas DPRD Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - DPRD Kabupaten Tuban menggelar Rapat Paripurna pertama di tengah pandemi Covid-19, Selasa (2/6/2020). Rapat paripurna tersebut digelar dalam rangka menyelesaikan pembahasan 8 Raperda yang terdiri dari 4 Raperda Inisiatif DPRD dan 4 Raperda dari Eksekutif.

Pantauan blokTuban.com, salah satu agenda dalam rapat paripurna tersebut adalah Pandangan Umum (PU) dari Fraksi-fraksi tentang 4 Raperda Kabupaten Tuban yaitu: 

Raperda tentang pencabutan 2 Perda yang berkaitan dengan lembaga kemasyarakatan desa dan pembentukan lembaga kemasyarakatan di kelurahan. 

Kemudian, Raperda tentang penyelenggaraan keterbukaan informasi publik, Raperda tentang pengelolaan cagar budaya di daerah, serta Raperda tentang perubahan atas Perda Nomor 10 tahun 2012 tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga.

Dalam rapat paripurna itu, Fraksi Partai Golkar Berbintang penyampaian Pandangan Umum (PU) terkait Raperda tentang Pengelolaan Cagar Budaya Kabupaten Tuban. Menurutnya, budaya merupakan identitas suatu daerah. 

Oleh sebab itu, cagar budaya yang meliputi prasasti, situs cagar budaya baik darat maupun air dan asal usul kota wajib hukumnya untuk dilestarikan. Seperti halnya Kota Tuban pada masa-masa kejayaan.

"Sejarah sudah mencatat bahwa pada 12 November 1293 dilantiknya Adipati Ronggolawe dan sampai saat ini tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Jadi Kota Tuban," ungkap Juru Bicara Fraksi Partai Golkar Berbintang, Tariyanto.

Namun, lanjut Tariyanto, karena adanya perkembangan zaman banyak oknum yang sengaja mau menghilangkan atau merubah keaslian sejarah Tuban dengan sebutan yang lain. "Cikal bakal Tuban ialah 'Tuban Bumi Ronggolawe' sampai kapanpun tetap 'Tuban Bumi Ronggolawe'," jelasnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini sejarah Ronggolawe dan keberadaannya Makam Ronggolawe juga belum termasuk dalam cagar budaya sehingga menjadi PR besar. Padahal pengangkatan Adipati Ronggolawe dijadikan Hari Jadi Tuban.[hud/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : dprd, tuban, raperda, fraksi, golkar



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more