16:00 . Perda KIP Lindungi Pemohon dan Pemberi Data   |   15:00 . Perbatasan Jatim-Jateng Diperketat, Petugas Halau Puluhan Kendaraan Arus Balik   |   09:00 . Jangan Terserah, Jangan Menyerah   |   08:00 . Kasus Positif Covid-19 Melonjak , Tiga Klaster Perlu Diwaspadai   |   07:00 . Ciri Anak Stres karena Terlalu Lama #diRumahAja dan Cara Hadapinya   |   06:00 . [Hoax] Surat Himbauan Waspada Rapid Test Mengatasnamakan MUI   |   19:00 . Turun 58 persen, Pendapatan Pekerjaan Bongkar Muat PT. RSM Tinggal Rp256,2 Juta   |   18:00 . Pemkab Tuban Kebagian Rp127,6 Juta dari BUMD Pertambangan   |   17:00 . PMDN di Tuban Tembus 614 Investor   |   16:00 . Setahun, di Tuban Ada 4 Konflik Agama   |   15:00 . Motor Vixion Terbakar Usai Tabrak Pejalan Kaki   |   07:00 . Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh   |   16:00 . Hingga Bulan April, Dinsos PPPA Catat Ada 11 Kasus Kekerasan Anak   |   15:00 . 128 Napi di Tuban Dapat Remisi Idul Fitri   |   14:00 . 4 Bulan, di Tuban Ada 8 Kasus Kekerasan Perempuan   |  
Wed, 27 May 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 23 May 2020 07:00

6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri

6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri

Reporter: -

blokTuban.com - Hari Raya Idul Fitri yang kita nanti-nantikan akan segera tiba. Apakah keluarga Anda sudah siap?

Ya Moms, setelah hampir sebulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kini saatnya bersiap melakukan amalan-amalan yang disunahkan pada hari Lebaran nanti. Apa saja?

Berikut, kumparanMOM rangkum 6 di antaranya, sebagaimana tertulis juga di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri:

6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri:
- Mandi dan memotong kuku  
- Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian 
- Makan sebelum melaksanakan salat Idul Fitri 
- Mengumandangkan takbir hingga menjelang salat
- Melewati jalan yang berbeda antara pergi dan pulang  
- Saling mengucapkan selamat (tahniah al-id) antara lain dengan mengucapkan: تقبل الله منا و منكم (Taqabbalallahu Minna wa Minkum) yang artinya "Semoga Allah menerima amalan saya dan kamu“. asi

Namun saat Pandemi COVID-19, kita perlu tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam menjalankan keenam sunah tersebut di atas. Gunanya tentu saja untuk mencegah terjadinya potensi penularan. 

Jadi meski ingin memakai pakaian terbaik misalnya, tidak perlu pergi berbelanja baju Lebaran ke luar rumah ya, Moms! Lebih baik, beli secara online atau gunakan saja pakaian yang sudah ada. Tak perlu baru, yang penting baik dan bersih.  

Begitu juga dengan kegiatan bertakbir dan salat Idul Fitri. Boleh kok, dilakukan di rumah secara berjemaah dengan anggota keluarga maupun secara sendiri (munfarid), terutama jika ia berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang belum terkendali. 

Ingin mengucapkan selamat kepada kerabat dan sahabat? Lakukanlah dengan bantuan teknologi agar Anda dan anggota keluarga dapat tetap merayakan Lebaran di rumah saja. Dengan begitu, kita menjalankan sunah sekaligus keselamatan bersama. Ingat Moms, tetap #tenanguntukmenang.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more