6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri

Reporter: -

blokTuban.com - Hari Raya Idul Fitri yang kita nanti-nantikan akan segera tiba. Apakah keluarga Anda sudah siap?

Ya Moms, setelah hampir sebulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kini saatnya bersiap melakukan amalan-amalan yang disunahkan pada hari Lebaran nanti. Apa saja?

Berikut, kumparanMOM rangkum 6 di antaranya, sebagaimana tertulis juga di dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 tentang panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idul Fitri:

6 Amalan yang Disunahkan pada Hari Idul Fitri:
- Mandi dan memotong kuku  
- Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian 
- Makan sebelum melaksanakan salat Idul Fitri 
- Mengumandangkan takbir hingga menjelang salat
- Melewati jalan yang berbeda antara pergi dan pulang  
- Saling mengucapkan selamat (tahniah al-id) antara lain dengan mengucapkan: تقبل الله منا Ùˆ منكم (Taqabbalallahu Minna wa Minkum) yang artinya "Semoga Allah menerima amalan saya dan kamu“. asi

Namun saat Pandemi COVID-19, kita perlu tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam menjalankan keenam sunah tersebut di atas. Gunanya tentu saja untuk mencegah terjadinya potensi penularan. 

Jadi meski ingin memakai pakaian terbaik misalnya, tidak perlu pergi berbelanja baju Lebaran ke luar rumah ya, Moms! Lebih baik, beli secara online atau gunakan saja pakaian yang sudah ada. Tak perlu baru, yang penting baik dan bersih.  

Begitu juga dengan kegiatan bertakbir dan salat Idul Fitri. Boleh kok, dilakukan di rumah secara berjemaah dengan anggota keluarga maupun secara sendiri (munfarid), terutama jika ia berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang belum terkendali. 

Ingin mengucapkan selamat kepada kerabat dan sahabat? Lakukanlah dengan bantuan teknologi agar Anda dan anggota keluarga dapat tetap merayakan Lebaran di rumah saja. Dengan begitu, kita menjalankan sunah sekaligus keselamatan bersama. Ingat Moms, tetap #tenanguntukmenang.

*Sumber: kumparan.com