16:00 . Perda KIP Lindungi Pemohon dan Pemberi Data   |   15:00 . Perbatasan Jatim-Jateng Diperketat, Petugas Halau Puluhan Kendaraan Arus Balik   |   09:00 . Jangan Terserah, Jangan Menyerah   |   08:00 . Kasus Positif Covid-19 Melonjak , Tiga Klaster Perlu Diwaspadai   |   07:00 . Ciri Anak Stres karena Terlalu Lama #diRumahAja dan Cara Hadapinya   |   06:00 . [Hoax] Surat Himbauan Waspada Rapid Test Mengatasnamakan MUI   |   19:00 . Turun 58 persen, Pendapatan Pekerjaan Bongkar Muat PT. RSM Tinggal Rp256,2 Juta   |   18:00 . Pemkab Tuban Kebagian Rp127,6 Juta dari BUMD Pertambangan   |   17:00 . PMDN di Tuban Tembus 614 Investor   |   16:00 . Setahun, di Tuban Ada 4 Konflik Agama   |   15:00 . Motor Vixion Terbakar Usai Tabrak Pejalan Kaki   |   07:00 . Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh   |   16:00 . Hingga Bulan April, Dinsos PPPA Catat Ada 11 Kasus Kekerasan Anak   |   15:00 . 128 Napi di Tuban Dapat Remisi Idul Fitri   |   14:00 . 4 Bulan, di Tuban Ada 8 Kasus Kekerasan Perempuan   |  
Wed, 27 May 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 22 May 2020 12:00

Sinergi Komisi IX DPR RI dan BKKBN Bagikan 1.000 Paket Sembako dan APD di Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dalam rangka meringankan beban masyarakat maupun tim medis yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Tuban. 

Melalui program sosialisasi advokasi dan KIE Bangga Kencana bersama mitra kerja di masa pandemi dengan cara menunda kehamilan dengan alat kontrasepsi, BKKBN Jawa Timur secara simbolis menyerahkan 1.000 paket sembako untuk masyarakat dan 20 Alat Pelindung Diri (APD) kepada bidan desa di Kecamatan Soko, Jumat (22/5/2020). 

Kepala Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Perwakilan Jatim, Waluyo Ajeng Lukitowati mewakili Kepala BKKBN Jatim menyampaikan, pemberian APD kepada bidan praktik mandiri di Soko supaya bisa melayani KB dengan safety. 

Ketika bidan sudah safety tentunya dalam melayani masyarakat khususnya pasang usia subur tidak tertular maupun menulari. Di masa pandemi masyarakat usia subur juga diminta tetap memakai kontrasepsi, seiring dengan kebijakan tetap tinggal di rumah dari pemerintah. 

"Kalau menggunakan KB kontrasepsi otomatis aman. Sebaliknya jika tidak menggunakan kontrasepsi akan mudah terjadi kehamilan. Jangan sampai masyarakat drop out atau putus pakai KB," terang Luki kepada blokTuban.com. 

Luki juga menghimbau bidan desa untuk tidak dulu melayani masyarakat yang ada gejala batuk-batuk maupun suhunya lebih dari 38 derajat Celsius. Semuanya harus benar-benar sehat, baik bidan maupun aseptornya juga aman. 

Sedangkan untuk bantuan paket sembako merupakan kegiatan mitra Komisi IX DPR RI di wilayah Tuban. Isinya diantaranya beras, mie instans, gula pasir, dan minyak goreng. 

Bantuan sembako ini diterima langsung oleh Ketua Fraksi PDIP DPRD Tuban, Tulus Setyo Utomo. Kemudian langsung didistribusikan kepada masyarakat terdampak di Kecamatan Soko, Rengel, Grabagan, Semanding, Widang, dan Plumpang. 

Tulus menyampaikan terimakasih kepada Abidin Fikri Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan yang telah memberikan atensinya berkat kerjasama dengan BKKBN. "Sehingga dapat memberikan bantuan Alat Pelindung Diri bagi Bidan di Tuban dan Seribu Paket Sembako untuk masyarakat Tuban," sambung pria asal Desa Bandungrejo Plumpang. 

Selama ini, lanjut Tulus bahwa Abidin Fikri terus memberikan apresiasi kepada para bidan yang tidak kenal lelah memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pola hidup sehat di masa Pandemi Covid-19. 

Sekaligus terus menghimbau agar memperhatikan program Bangga Kencana dengan menekankan perencanaan keluarga di tengah Pandemi Covid-19. Tak hanya itu, juga menekankan gotong royong skala besar sebagai prinsip dalam menghadapi Pandemi Covid-19 agar masyarakat yang terdampak baik langsung maupun tidak langsung dapat diringankan beban kehidupannya dan kesejahteraan.

"Karena kita adalah bangsa yang guyub dan saling bantu membantu," tambahnya. 

Di lokasi yang sama, bidan Desa Mojoagung, Suliani berterimakasih dan menilai BKKBN sangat peduli dengan keselamatan tim medis di Tuban. Sebagai ujung tombak KB di tingkat desa, pihaknya sangat membutuhkan APD. 

"Jika masa pandemi ini berkepanjangan diharapkan bantuan APD berkelanjutan. Tapi dirinya berdoa supaya wabah ini lekas hilang dari Indonesia," harapnya. 

Minimnya APD menjadi tantangan sekaligus kesulitan tersendiri bagi bidan dalam memberi pelayanan. Pelayanan KB terus berlangsung, seiring dengan proses screning. 

"Kami terus ajak masyarakat supaya patuh dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,"  pungkasnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Sembako BKKBN



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more