Kasus Positif Covid-19 di Tuban Bertambah 1 Orang dari Klaster Tambakboyo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban kembali merilis persebaran Covid-19 per Selasa (19/5/2020). Dalam rilis tersebut terdapat penambahan 1 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster Tambakboyo.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  Tuban, Endah Nurul Komariyati menjelaskan, update hari ini jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 1 orang dari klaster Tambakboyo setelah hasil Tes Swab dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya keluar dan dinyatakan positif Covid-19.

"Ada penambahan satu kasus terkonfirmasi positif pada klaster Tambakboyo, yaitu perempuan 38 tahun asal Tambakboyo. Kini, total jumlah terkonfirmasi dari klaster ini menjadi 8 orang," jelas Endah.

Lebih lanjut, Endah menambahkan, dari klaster Tambakboyo ini ada sepuluh sampel Swab yang dikirimkan ke BBTKLPP Surabaya. Dan sudah keluar hasilnya untuk 9 orang yaitu 8 orang positif dan 1 orang dinyatakan negatif, serta masih menunggu hasil tes untuk satu orang lagi.

Selain itu, Endah yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban ini mengungkapkan, kabar menggembirakan juga datang dari 1 pasien terkofirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Montong yang dinyatakan sembuh.

"Sebelumnya perempuan 28 tahun ini dinyatakan positif Covid-19 pada 8 Mei lalu," kata Endah.

Lebih lanjut, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masuk dalam data hari ini, Endah merinci ada 1 PDP sembuh yaitu seorang perempuan asal Kecamatan Palang serta ada juga penambahan 6 PDP baru dimana 1 PDP diantaranya meninggal dunia.

"Rincian PDP baru yaitu perempuan 64 tahun asal Kecamatan Grabagan, Laki-laki 39 tahun asal Kecamatan Rengel, Perempuan 68 Tahun asal Kecamatan Palang, Perempuan 22 tahun dan 27 tahun asal Kecamatan Plumpang dan satu PDP meninggal dunia adalah laki-laki usia 76 tahun asal Kecamatan Tambakboyo. Untuk hasil Rapid Test ke 6 orang ini dinyatakan reaktif," imbuhnya.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban,  per Selasa (19/5/2020) hingga pukul 18.00 WIB. Jumlah komulatif  ODP sebanyak 615 orang dengan keterangan sebanyak 490 orang selesai pemantauan dan 125 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 52 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 17 orang sembuh, 10 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 25 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 19 orang, terdiri dari 3 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 14 orang dalam perawatan. [hud/rom]