07:00 . 5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan   |   20:00 . Tukang Becak Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan   |   18:00 . Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan   |   17:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   16:00 . Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK   |   15:00 . Pemkab Pertahankan LPPD Kemendagri   |   11:00 . Nasi Pindang Bungkus Daun Jati Khas Pesisir   |   10:00 . Razia Warung, Petugas Gabungan Amankan Puluhan Botol Arak dan Anggur Kolesom   |   09:00 . Kebakaran, Diduga Tempat Pemasakan Solar Tradisional   |   08:00 . Margaluyu 151 Merapat ke Setia Negara   |   07:00 . 9 Cara Terbaik untuk Kontrol Kemarahan   |   20:00 . Begini Proses Evakuasi Jenazah Tukang Becak Yang Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tukang Becak Asal Bojonegoro Ditemukan Meninggal Dunia Mendadak   |   18:00 . Kebakaran, Diduga Tempat Pemasakan Solar Tradisional   |  
Tue, 20 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 19 May 2020 18:00

DPRD dan Tiga Kades Ring IKSG Kompak Bela Hak Pekerja

DPRD dan Tiga Kades Ring IKSG Kompak Bela Hak Pekerja

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Aksi mogok kerja ratusan pekerja PT. Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG) pada 18 Mei 2020 kemarin, hari ini berlanjut mediasi di pendopo Kecamatan Jenu, Selasa (19/5/2020).

Pertemuan yang difasilitasi Forkopimca Jenu, dihadiri langsung Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Fahmi Fikroni, manajemen IKSG dan tiga Kepala Desa (Kades) ring IKSG, yaitu Socorejo, Temaji, dan Karangasem Kecamatan Jenu.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim menyampaikan tiga kades dan pekerja sepakat menolak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan sepihak oleh IKSG.

"Kami beri waktu tiga hari kepada IKSG untuk berpikir, dan selama jeda waktu tersebut para pekerja diliburkan," pinta Kang Arief.

Apabila dalam kurun waktu tiga hari tidak ada keputusan yang baik dari IKSG, lanjut Kades alumnus UIN Yogyarta akan membawa persoalan PHK ke tingkat yang lebih tinggi dengan dibantu anggota DPRD Fahmi Fikroni.

Ditambahkan Fahmi Fikroni, kami legislatif akan mendampingi para pekerja dan memperjuangkan aspirasi mereka. Disaat Covid-19, harusnya perusahaan mengerti dan tidak main PHK.

"Kasihan meraka yang sudah bekerja puluhan tahun dan mereka sudah lama mengabdi kok tiba-tiba di PHK," seru Ketua Fraksi PKB DPRD Tuban.

Lebih dari itu, IKSG harusnya mencarikan solusi yang terbaik bukan mem PHK karyawan seperti ini. Mereka para pekerja sudah turut serta membesarkan perusahaan bertahun tahun.

"Mudah-mudahan waktu yang kita sepakati tadi dikabulkan oleh PT IKSG untuk tidak memPHK karyawan dulu. Kita siap membantu IKSG berkomukasi dengan PT SI jika memang alasan PT IKSG karena sekarang PT SI tidak mengambil kantong dari produksi PT IKSG melainkan mengambil di perusahaan lain," janji Roni.

Manajemen PT. Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG) Kabupaten Tuban sendiri telah buka suara melalui sambungan telepon kepada reporter blokTuban.com, perihal aksi mogok kerja ratusan pekerjanya.

Hasanudin CSR PT. IKSG, menjelaskan memang ada pengurangan operasional mesin 1 dan 2. Untuk teknis di lapangan, besaran jumlah karyawan yang dirumahkan belum final dan terus dikoordinasikan.

"Mekanismenya IKSG mengurangi nilai kontrak dengan outsorching, kemudian pihak outsorching yang mengurangi pekerjanya," terangnya.

Polemik ini masih berlanjut dan dicari jalan keluar. Manajemen IKSG membenarkan adanya pengurangan pekerja, tapi untuk outsorching PT. TRUBA tidak dikurangi dan diganti masuk separuhan. Misalnya masuk dua minggu liburnya dua minggu.

"Lebih sederhanya pekerja di PT. TRUBA ini dua hari kerja dua hari off," pungkasnya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : aski mogok, pekerja, iksg



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more