12:00 . Polisi Bekuk Spesialis Pencuri Kotak Amal Musala dan Masjid   |   11:00 . Tak Pakai Masker, 7 Pemuda Diberi Sanksi Sosial   |   10:00 . Uji Coba New Normal, Kesiapan Objek Wisata Terpantau di Raport   |   17:00 . KPU Tuban Optimis Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020 Tetap Tinggi   |   16:00 . Tracing Lanjutan Lima Orang Positif Corona   |   15:00 . Perkiraan Gelombang Laut, untuk Lima Hari ke Depan   |   14:00 . Jelang Hari Raya Idul Adha, Sejumlah Kebutuhan Pokok Terpantau Naik   |   13:00 . ´╗┐Siapkan 20.000 Rapid Test Gratis Bagi Peserta UTBK Kurang Mampu   |   12:00 . Giat Cipkon, Tak Pakai Masker Langsung Ditindak   |   10:00 . Dahan Pohon Patah Usai Diserempet Truk, Satu Sepeda Motor Rusak   |   08:00 . Patroli Gabungan Skala Besar, Sasar Warkop, Kafe hingga Lokasi Balap Liar   |   21:00 . Sehari Ada Tambahan 7 Kasus Positif Baru   |   20:00 . Pengendara Motor Tabrak Pohon Hingga Meninggal Dunia   |   12:00 . 7.015 Pekerja Seni Bisa Beraktifitas Lagi 24 Juli   |   09:00 . Ponpes Langitan Siap Sambut New Normal   |  
Mon, 06 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 13 May 2020 13:00

Waspada Corona, Jangan Panik

Aktivitas di Tengah Pandemik, Begini Siasat Dagang Pasar Sore Sokosari

Aktivitas di Tengah Pandemik, Begini Siasat Dagang Pasar Sore Sokosari

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Masa pademik Covid-19, mau tak mau tidak boleh mematikan perekonomian dagang masyarakat, apalagi golongan menengah kebawah. Dalam situasi nan mencekam, warga masyarakat pun juga harus beradaptasi dengan segala kondisi dan aturan yang ada. Hal itu juga diterapkan oleh penghuni pasar sore yang ada di Desa Sokosari, Kecamatan Soko tiap kali beraktivitas.

Dampak dan kemungkinan akibat pandemik, dikuati oleh Pemerintah Desa Sokosari bersama segenap pihak bersangkutan guna meminimalisir persebaran virus ditengah aktivitas berdagang. Mulai dari sistem keamanan, struktur organisasi pasar, hingga sarana prasarana media pasar.

Soal keamanan, Kepala Desa (Kades) Sokosari mengaku sadar betul akan pentingnya pencegahan kriminalitas menjelang lebaran begini. Hal itu bertujuan demi menghindari tensi kriminalitas yang meningkat, seperti aksi pencopetan, juga praktek gendam yang masih sering dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab.

"Untuk keamanan, kita bekali dengan HT untuk petugas keamanan pasar. Buat koordinasi, komunikasi bersama TNI, Polri, lingkungan RT, pemuda, kita libatkan untuk mendukung keamanan pasar sore Sokosari," ungkap Kades Sokosari, Edi Purnomo menerangkan.

Tak hanya itu, walaupun aktivitas dagang diselimuti hiruk pikuk pengunjung, penerapan social distancing terus dihimbau, disampaikan kepada pengurus pasar bahwa SOP harus selalu dijalankan. Diantaranya pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

"Memang kondisi di pasar, apalagi pasar sore, sering ada pendatang dari luar yang gak pakai masker, kita ingatkan untuk pakai masker. Untuk pedagang sendiri, terutama di lingkungan pasar Soko Insyaallah sudah memakai masker semua," lengkapnya.

Selebihnya, untuk memberi rasa aman kepada penghuni pasar, dalam periode satu minggu diadakan penyemprotan disinfektan oleh petugas pasar sebanyak 2 kali. Selain itu, pihak desa telah menyalurkan masker, serta bak cuci tangan sudah disiapkan. Dari Bumdes, mengeluarkan 1000 masker gratis yang dibagikan penghuni pasar. Sementara pedagang dari arah Bojonegoro yang datang pada pagi hari, diwajibkan pakai masker. Jika masih ngeyel dan tak pakai masker, akan disuruh balik dan disuruh pulang.

"Pemdes Sokosari mendukung kegiatan pasar, terutama untuk kebersihan, kesehatan, kepada pedagang, pengunjung, dan penghuni pasar," tukasnya kepada blokTuban.com, Rabu (13/5/2020). [Feb/ ].

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pasar, pandemi, covid, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more