12:00 . Polisi Bekuk Spesialis Pencuri Kotak Amal Musala dan Masjid   |   11:00 . Tak Pakai Masker, 7 Pemuda Diberi Sanksi Sosial   |   10:00 . Uji Coba New Normal, Kesiapan Objek Wisata Terpantau di Raport   |   17:00 . KPU Tuban Optimis Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020 Tetap Tinggi   |   16:00 . Tracing Lanjutan Lima Orang Positif Corona   |   15:00 . Perkiraan Gelombang Laut, untuk Lima Hari ke Depan   |   14:00 . Jelang Hari Raya Idul Adha, Sejumlah Kebutuhan Pokok Terpantau Naik   |   13:00 . ´╗┐Siapkan 20.000 Rapid Test Gratis Bagi Peserta UTBK Kurang Mampu   |   12:00 . Giat Cipkon, Tak Pakai Masker Langsung Ditindak   |   10:00 . Dahan Pohon Patah Usai Diserempet Truk, Satu Sepeda Motor Rusak   |   08:00 . Patroli Gabungan Skala Besar, Sasar Warkop, Kafe hingga Lokasi Balap Liar   |   21:00 . Sehari Ada Tambahan 7 Kasus Positif Baru   |   20:00 . Pengendara Motor Tabrak Pohon Hingga Meninggal Dunia   |   12:00 . 7.015 Pekerja Seni Bisa Beraktifitas Lagi 24 Juli   |   09:00 . Ponpes Langitan Siap Sambut New Normal   |  
Mon, 06 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 13 May 2020 09:00

4 Jurus Mentan RI Hadapi Krisis Pangan Global

4 Jurus Mentan RI Hadapi Krisis Pangan Global

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Membahas Percepatan Tanam Guna Mendukung Ketahanan Pangan Nasional, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, menggelar video conference bersama sejumlah Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia salah satunya adalah Bupati Tuban, H. Fathul Huda yang didampingi Dandim 0811/Tuban.

Mentan RI, menyampaikan Covid-19 berdampak pada berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor pertanian dan ketahanan pangan. Karenanya, diperlukan langkah konkrit dan antisipatif dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional.

“Persiapan ketahanan pangan menjadi salah satu solusi penanganan pandemic Covid-19,” ungkapnya.

Berdasarkan laporan BMKG, Syahrul Yasin, Negara Indonesia akan mengalami musim kemarau panjang yang berbeda dari tahun sebelumnya. Selain itu, organisasi pangan dunia (FAO) memaparkan akan terjadi krisis pangan global.

Menyikapi hal tersebut, Mentan RI mengajak Gubernur, Bupati/Walikota, instansi terkait, bersama petani untuk bahu membahu dan bergotong royong ketahanan pangan. Mentan RI menginstruksikan sejumlah langkah yang dapat dilakukan.

Pertama, melakukan penanaman lebih cepat di bulan Mei dan Juni. Jika sudah panen segera tanami kembali untuk mengejar musim hujan yang masih ada.

Kedua, percepatan penyaluran sarana dan prasarana untuk menunjang penanaman, meliputi alat pertanian, pupuk maupun obat lain yang diperlukan. Ketiga memastikan ketersedian luas tanam dan prediksi hasil panen.

Selain itu, perlu diperhitungkan jenis tanaman, pengaturan air dan kemungkinan gagal panen. Keempat, optimalisasi alat teknologi pangan untuk mendorong peningkatan jumlah panen dan kualitasnya.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda melaporkan pada masa pandemi Covid-19 produksi pertanian di Kabupaten Tuban tidak mengalami penurunan. Pada bulan April ini hasil panen mencapai 108.704 ton setara beras 68.435 ton atau surplus 81.22 persen.

“Diprediksi hingga akhir tahun 2020 akan surplus hingga 60,49 persen,” sambungnya.

Adapun luas tanam pada tahun 2020 mencapai 120 hektar. Sedangkan ketersedian komoditas jagung tahun 2020 mencapai 482.480 ton. Luas tanam areal jagung seluas 107.527 hektar.

Tidak hanya itu, saat ini Kabupaten Tuban juga tengah mengembangkan benih jagung berbasis korporasi petani.

 “Ini menjadi capaian yang membanggakan. Sehingga benih jagung tidak lagi impor, bahkan diharapkan dapat diekspor,” pungkasnya. [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : menpan, pertanian, tuban, bupati



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more