108 Pedagang Pasar Baru dan Pasar Bongkaran Tuban Jalani Rapid Test Massal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sedikitnya ada 108 pedagang di Pasar Baru dan Pasar Sayur (Bongkaran) Kabupaten Tuban, Rabu (13/5/2020) dini hari ini menjalani pemeriksaan Rapid Test massal.

Pemeriksaan Rapid Test massal tersebut diadakan oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menindaklanjuti adanya satu pedagang di pasar sayur yang berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baru.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo mengungkapkan, pemeriksaan Rapid Test terhadap para pedagang ini. Tim Gugus Tugas telah koordinasi dengan Diskoperindag setempat.

"Kami koordinasi dengan Diskoperindag ada 108 pedagang yang di Rapid Test. Dan kita membawa sekitar 110 alat Rapid Test dengan harapan semuanya kena (Rapid Test)," terang Bambang.

Pria yang juga sebagai Wakil Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 itu menyampaikan, terkait degan hasil dari pemeriksaan Rapid Test massal. Tim Gugus Tugas masih menuggu kesimpulan akhir, sehingga belum bisa menyampaikannya sekarang.

"Hasilnya belum bisa kita infokan, kesimpulan akhirnya nanti saja," tandasnya.

Dia mengimbau, kepada para pedagang agar selalu mentaati aturan pemerintah terkait wajib menggunakan masker, kemudian Physical Distancing atau jaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun, baik saat masuk pasar maupun keluar dari pasar.

Sementara itu, salah satu pedagang asal Kelurahan Panyuran Sri Sumiatun (55) mengaku senang dengan adanya pemeriksaan Rapid Test ini. Pedagang tersebut juga berharap Virus Corona cepat selesai.

"Saya senang adannya pemeriksaan Rapid Test ini. Saya juga berharap Virus Corona ini segera selesai, karena sekarang pembeli jadi sepi," pungkasnya.

Pantauan blokTuban.com, pelaksanaan pemeriksaan Rapid Test terhadap para pedagang di Pasar Baru dan Pasar Bongkaran tersebut dibagi menjadi tiga titik. Adapun dalam kegiatan itu turut hadir Kapolres, Dandim, sejumlah OPD serta personel gabungan.[hud/ito]