Pengawal Jenazah Covid-19 Jalani Rapid Test di Labkes Dinkes

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Salah satu tim gugus tugas pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, mulai menjalani rapid tes di laboratorium kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Selasa (12/5/2020).

Adalah Didik Purwanto yang menjabat sebagai Kepala Kesbangpol Tuban. Sosok ini menjadi garda terdepan mengawal jenazah, hingga dikebumikan di makam desa atau kelurahan masing-masing pasien Covid-19.

Kepada blokTuban.com, Didik mengatakan hal ini merupakan kesadaran pribadi. Sekaligus sebagai konsekwensi dari tugas di garda depan penanganan percepatan Covid 19.

"Ya harus berani di rapid test. Alhamdulillah hasilnya Non Reaktif," terang pria yang pernah sebagai Camat Tambakboyo.

Rapid test kali ini gratis, karena Didik menjadi bagian tim gugus tugas. Dirinya kurang tahu apakah anggota gugus tugas lain sudah dirapid test atau belum.

Selama menjadi tim gugus tugas, mantan Camat Parengan selalu rajin berolahraga. Selain itu, menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, rajin mencuci tangan atau handsanitizer, jaga jarak, hingga menghindari kerumunan.

"Jangan pernah sepelekan virus. Mari kita sama-sama waspada, dan bantu pemerintah menanganinya," serunya.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per 11/5/2020 hingga pukul 18.00 WIB jumlah kumulatif ODP sebanyak 598 orang dengan keterangan sebanyak 474 orang selesai pemantauan dan 124 orang masih dalam pemantauan.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 37 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh, 7 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 17 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 11 orang, terdiri dari 1 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 8 orang dalam perawatan. [ali/rom]