Pasien Positif Covid-19 Asal Jatirogo Dinyatakan Sembuh

Reporter: Khoirul Huda

 

blokTuban.com - Satu pasien terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tuban, Kamis (07/05/2020) dinyatakan sembuh.

 

Pasien perempuan (35) asal Kecamatan Jatirogo tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani 2 kali Test Swab dengan hasil negatif Covid-19.

 

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati menyampaikan pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani 2 kali Test Swab dengan hasil negatif Covid-19.

 

Usai menjalani perawatan intensif dan di isolasi di RSUD dr. R Koesma Tuban. Kini pasien tersebut sudah diperbolehkan pulang. Kendati begitu, pasien yang merupakan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban ini tetap harus melaksanakan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari.

 

"Sesuai protokol kesehatan, yang bersangkutan harus tetap menjalani isolasi mandiri di rumah dan menerapkan physical distancing," ungkap Endah yang juga sebagai Jubir Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban.

 

Sebelumnya, pasien tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif pada tanggal 13 April 2020 dari hasil Swab mandiri yang dilakukan di Surabaya. Selanjutnya, pasien menjalani perawatan dan isolasi di RSUD dr. R Koesma Tuban.

 

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban,  per tgl 07/5/2020 hingga pukul 18.00 WIB terjadi penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP) baru 2 orang.

 

Sehingga jumlah kumulatif  ODP sebanyak 583 orang dengan keterangan sebanyak 446 orang selesai pemantauan dan 137 orang masih dalam pemantauan.

 

Sementara itu, seluruh Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 33 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 11 orang sembuh, 8 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 14 orang.

 

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 4 orang, terdiri dari 1 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia, dan 2 orang dalam perawatan.[hud/ono]