08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |   13:00 . Lomba Binter TNI-AD Tahun 2021, Kodim 0811 Tuban Melaju ke Nasional   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BMKG Peringatkan Peluang Gelombang Tinggi di Perairan Tuban 2,5 Meter

bloktuban.com | Wednesday, 06 May 2020 10:00

BMKG Peringatkan Peluang Gelombang Tinggi di Perairan Tuban 2,5 Meter

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan adanya peluang gelombang tinggi di perairan Jawa Timur. Peringatan ini berlangsung selama 24 jam mulai 7-8 Mei dimulai dan sampai pukul 07.00 Wib.

 

Peluang gelombang tinggi terjadi karena adanya dua pusat tekanan rendah (1007 hPa & 1010 hPa) di Samudra Hindia Barat Lampung dan Laut Banda. Ditambah tiga sirkulasi terpantau di laut Natuna, perairan Halmahera, dan Samudra Pasifik Utara Jayapura.

 

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Surabaya, M. Arif Wiyono dalam siarannya mengatakan, pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dari utara-timur dengan kecepatan 5-20 Knot.

 

Sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 5-25 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di pantai barat Sumatera, perairan selatan Jawa, dan Laut Arafuru.

 

"Kondisi ini menyebabkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," terangnya, Rabu (6/5/2020).

 

Tinggi gelombang 1.25-2.5 meter (sedang) dapat terjadi di perairan Tuban-Lamongan dan perairan utara Madura. Juga perairan Kepulauan Sapudi, perairan Kepulauan Kangean, selat Madura bagian timur dan perairan Kalteng bagian timur. Juga laut Jawa utara Bawean, laut Jawa barat Masalembo, dan laut Jawa timur Masalembo.

 

Tinggi gelombang 2.5-4.0 meter (tinggi) dapat terjadi di perairan selatan Jawa Timur. Tinggi gelombang 4.0-6.0 meter (sangat tinggi) dapat terjadi di Samudera Hindia selatan Jatim.

 

BMKG menyarankan untuk memperhatikan resiko keselamatan selama beraktifitas di laut. Untuk perahu nelayan kecepatan angin lebih dari 15 Knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

 

Kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 Knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter. Kapal fiber kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2.0 meter.

 

Sedangkan kapal ferry kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter. Kapal ukuran besar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter.

 

"Keberadaan awan comulonimbus (cb) yany luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan gelombang. Ketinggian gelombang diprakirakan dari gelombang signifikan, dan gelombang maksimum bisa 2 kali lipat dari gelombang signifikan," tutup Arif. [ali/ono]

Tag : gelombangtinggi, laut, pantura, bmkg



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more