Lawan Covid-19, Ratna Juwita Bantu Baju Hazmat dan Masker Medis

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) tim medis dalam melawan Covid-19 di tanah air sangat tinggi. Oleh karena itu, anggota DPR RI Fraksi PKB Dapil 9 Tuban-Bojonegoro, Ratna Juwita Sari menyerahkan bantuan kepada gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Jumat (17/4/2020). 

Bantuan diterima langsung Sekretaris Gugus Tugas, Budi Wiyana di posko Jalan Veteran. Berupa 350 baju hazmat dan 500 masker medis. 

"Bantuan ini semoga segera dimanfaatkan di RS rujukan dan penunjang maupun puskesmas," terang Ratna Juwita kepada blokTuban.com. 

Dukungan ini, lanjut Ratna merupakan suport nyata baik mental dan material untuk garda depan penanganan pandemi. Virus yang menyebabkan kematian ini, harus dilawan bersama-sama. 

Selain bantuan ke gugus tugas, Ratna Juwita juga telah membuka posko Covid-19. Lebih dari 7.000 masker kain telah dibagikan ke masyarakat secara gratis. 

"Gugus tugas menurut kami sudah maksimal kerjanya. Tinggal kita kawal bersama untuk menangani wabah ini," imbuhnya. 

Bantuan dari DPR RI ini diapresiasi Budi Wiyana. Dengan bantuan yang terus mengalir ini, maka ketersediaan APD semakin tercukupi. Pemkab juga terus melakukan pengadaan bertahap, supaya tim medis tenang dan nyaman dalam bertugas. 

"Kami tidak menolak kalau stakeholder yang lain dari kalangan apapun membantu APD. Bantuan ini akan kami distribusi ke RS rujukan, RS penunjang dan puskesmas di 20 kecamatan," sambung pria yang juga Sekda Tuban. 

Birokrat asal Nganjuk ini memperkirakan, ketersediaan APD sesuai asumsi jumlah ODP, PDP, dan positif tidak melonjak. Kebutuhan APD di Tuban selama tiga bulan aman dan cukup.

Dengan adanya beberapa cadangan dan tambahan batuan ini, sangat mendukung Pemkab, RS dan Puskesmas. 

Di lokasi yang sama, bantuan langsung diserahkan kepada Direktur RSUD dr. R. Koesma Tuban, Direktur RSNU, dan Kepala Dinas Kesehatan Tuban. [ali/ono]