PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Bagikan Alat Penagkal Covid-19

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Seiring tingginya jumlah ODP dari wilayah Kecamatan Senori dan Bangilan, Kabupaten Tuban di tengah mewabahnya Covid-19, membuat PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu untuk melakukan kontribusi. Sebab, penanganan Covid-19 yang semakin cepat penyebarannya ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan Operator Blok Migas di bawah pengendalian SKK Migas itu tidak hanya melakukan kegiatan pencegahan dan penanggulangan di internal perusahaan, namun juga menyalurkan bantuan pemutus mata rantai pandemi Covid-19 kepada para pemangku kepentingan di sekitar sumur migas dan masyarakat. Bantuan sarana pencegahan covid -19 itu disebar ke tiga area, yaitu Kabupaten Tuban, Blora, dan Bojonegoro.

Fiel Manager PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Afwan Daroni mengatakan, pada hari ini, Senin (2/4/2020) sarana cuci tangan, alat penyemprot desinfektan beserta cairannya dan thermo gun telah tersalurkan di dua kecamatan sekitar sumur Tapen tersebut. Pihaknya berharap, dengan bantuan dari Pertamina EP Asset 4 Field Cepu itu bisa mencegah penyebaran virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

"Mudahan-mudahan bermanfaat bagi warga Bangilan dan Senori untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 saat ini," ujar Afwan kepada blokTuban.com, Senin (6/4/2020).

Pada kesempatan yang sama, tokoh masyarakat dari Bangilan, Mujoko Sahid pasca menerima bantuan dari anak perusahaan Pertamina Persero itu mengungkapkan, tidak hanya ini saja bantuan yang diberikan oleh PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu yang dikucurkan. Sebelumnya, beberapa bantuan juga kerap diberikan kepada masyarakat sekitar ceruk migas di Tuban Selatan tersebut.

"Terimakasih atas kontribusinya, alat cuci tangan yang jumlahnya 4 unit ini akan kita teruskan untuk muspika 3 unit dan sisanya di musholla kami, karena ada rutinan pengajian dan olahraga," ungkap pria yang akrab disapa Mas Sahid tersebut.

Mas Sahid juga berharap, PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu semakin peduli dan kooperatif dengan stakeholder sekitar perusahaan. Sehingga capaian migas kian melimpah dan dampaknya cadangan minyak aman.

"Semoga hubungan masyarakat dengan PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu semakin harmonis," tandasnya.

Data yang dihimpun blokTuban.com di lapangan, bantuan alat penangkal Covid-19 yang disalurkan di dua kecamatan tersebut berupa sarana cuci tangan, penyemprot disinfektan, dan thermo gun. Alat tersebut juga di-drop khusus ke desa ring satu sumur Tapen, yaitu Desa Sidoharjo.

Sementara itu berdasarkan informasi dari gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Tuban per 6 April 2020, jumlah ODP di Kecamatan Senori sebanyak 43 orang. Di Kecamatan Bangilan jumlah ODP sebanyak 41 orang dan 1 orang berstatus PDP.

Kedua kecamatan ini terbanyak kedua dan ketiga di Tuban. Angka tertinggi adalah Kecamatan Tuban, yaitu sebanyak 59 ODP dan 1 orang statusnya PDP. [rof]